Tema WordPress Ramah SEO, Simple dan Mobile Friendly. Setiap blogger pasti menginginkan tulisan-tulisannya terindeks google, atau bahkan berada di urutan halaman pertama saat google search. Banyak faktor hingga keinginan blogger tersebut dapat terwujud.

Selain faktor tulisan yang bermutu, atau memang sedang banyak dibutuhkan khalayak ramai, salah satu faktor penentu adalah template blog itu sendiri.

Jika blogger memilih template wordpress untuk tampilan blognya, ada beberapa thema (tema) atau template wordpress ramah SEO yang bisa diterapkan.

Tema atau Template WordPress yang Simple dan Ramah Seo

Jika kita sering berkunjung ke berbagai blog, pasti akan kita temui begitu banyak jenis tampilan blog mereka yang terlihat cantik dan menarik. Tak heran, ada dorongan di dalam hati kita untuk ‘nguprek-uprek” agar tampilan blog kitapun tidak kalah menariknya.

Ada beberapa pilihan tema atau template wordpress ramah SEO yang bisa kamu terapkan

1. Temas WordPress Hestia

Saya sendiri sebenarnya sangat suka dengan Theme/Template wordpress Hestia. Template ini memiliki pengaturan yang sangat lengkap, dari mulai warna, gambar, dan terutama font (pilihan jenis huruf). Untuk pengaturan font, saya memberikan jempol maksimal untuk theme hestia karena pilihannya sangatt lengkap yang amat jarang ditemui di template-template lainnya.

Tema WordPress Ramah SEO

Saya pernah menggunakan template ini, hanya saja sayangnya tidak bisa menampilkan page views yang akurat, karena memang untuk tampilan Hestia memiliki dua halaman. Halaman utama yang berisi barisan postingan blog, dan halaman kedua berisi tampilan blog seperti pada umumnya, tulisan-tulisan plus widget sesuai pengaturan kita.

Tema Hestia

Berikut beberapa kustomisasi yang dipersembahkan oleh Hestia:
a. Site Identity –> Bagian ini untuk mengatur logo blog, site tittle (judul Blog), dan tagline dari blog kita.
Contoh dari blog wiwidstory adalah Logo = Gambar “W” keemasan saat anda membuka wiwidstory.com. Site title : Wiwidstory. Tagline : Lifestyle, Hobbies and Family Stories Blog
b. Appearance Setting –> Mengatur tata letak blog dan halaman blog, font (jenis Tulisan), warna dan juga gambar latar.
c. Frontpage section atau pengaturan halaman depan/utama.
d. Header Option –> pengaturan tata letak bagian kepala blog (bagian paling atas blog).

2. Tema WordPress EasyBlog

Template/theme Easyblog memiliki tampilan yang sederhana, meski begitu tema ini ramah SEO dan mobile friendly. Disebut mobile friendly karena saat dibuka via smartphone, tampilan blog tetap menawan dan mudah untuk membacanya.

Tema WordPress Ramah SEO

Saya juga pernah menerapkan easyblog ini sebagai tema blog saya, hanya saja saya merasa bosan di suatu ketika. Satu kelebihan yang saya suka adalah tampilan bawaan font yang memang sudah sangat menarik dan tidak membuat bosan, karena pada dasarnya tema ini tidak memiliki pengaran font daat kustomisasi.

Tema EasyBlog

3. Tema WordPress Dosislite

Sama dengan dua tema blog di atas, Dosislite juga terlihat sederhana meski lebih sedikit menawan dari yang lainnya. Saat kustomsasi atau pengaturan tampilan blog, tidak banyak yang bisa kita utak atik, selain tata letak header blog, warna, latarbelakang baik gambar maupun warna. Namun, tampilan asli muka Dosislite memang sudah menawan.

Tema WordPress Ramah SEO

Saya pernah menerapkan Dosislite untuk blog saya, tetapi saya tidak merasa puas ketika diklik untuk postingan tungal, widget tidak ikut tampil. Karena hal itu saya berasumsi, bahwa pembaca tidak akan melihat tulisan-tulisan terbaru saya sebelum dia kembali ke halaman utama. selain itu gambar utamanya tidak bisa temil di bagian tengah tulisan, dan itu cukup menganggu saya.

Tema Dosislite

Tetapi dalam hal lainnya Dosislite cukup memiliki poin-poin menawan untuk dijadikan pilihan. Tampilanya elegan dan memiliki daya tarik sendiri.

Baca juga :
* Mengenal 5 Blogger Juara yang Sering Memenangkan Lomba Menulis
* 5 Langkah Sederhana Mempercantik Blog WordPress

4. Tema WordPress Aposthrope Magazine

Tampilannya yang simple, dengan halaman muka yang langsung menapilkan beberapa postingan blog, tentu akan membuat blog ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pembacanya.

Tema WordPress Ramah SEO

Seperti pada tema easyblog, tak banyak yang bisa dilakukan saat kustomisasi kecuali kita mengerti bahasa CSS/program, hanya saja tampilan muka yan menarik, Aposthrope layak dijadikan pilihan.

Tema Apostrophe

5. Tema WordPress Log Book

And abisa melihat tampilan Log Book di blog wiwidstory.com saat ini. Ya, karena saat ini pilihan Log Book sedang di terapkan di blog wiwidstory. Sebenarnya tampilan Log Book tidak begitu jauh dengan Easy Blog, hanya saja Log Book saya suka dengan tampilan tulisan di halaman mukanya.

Tema WordPress Ramah SEO

Meski tidak memiliki banyak pilihan pengaturan saat kustomisasi tetapi Log book terasa ringan saat loading di smartphone.

Baca Juga:
* Assalaamualaikum suamiku : Nikmat Manalagi yang Kudustakan?
* Assalaamualaikum Suamiku : Aku Jatuh Cinta Sesaat Sebelum Akad

Nah, Sekarang sudah semakin banyak memiliki referensi tema blog wordpress untuk membuat tampilan blog anda semakin menawan bukan? Tapi jangan lupa untuk terus menulis ya, dan usahakan tulisannya adalah tulisan yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang. (end)


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

lisa lestari · 1 March 2020 at 05:59

Aku lom berani ganti tema di blog wordpresku. Hahahaha … kudet ki mau utak-atiknya. Mbak wid keren iih

Wiwid Nurwidayati · 10 March 2020 at 17:15

kadang ngerasa bosen, mbak. Jadi suka utak atik. Dan kadang akhirnya balik ke template semula. hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published.