5 Tips Mencuci Piring yang Menyenangkan

  • 13 Februari 2021
  • Lifestyle
Mencuci Piring

5 Tips Mencuci Piring yang Menyenangkan – Satu hal tugas rumah tangga yang rutin dilakukan adalah mencuci piring. Ya, setelah menyantap masakan yang lezat, kita harus melakukan kegiatan yang satu ini. Paling malas itu, jika makanan yang kita santap adalah berkuah dan berminyak, seperti rendang, gulai atau sambal. Inginnya sih di diamin saja. Tapi nggak mungkin dong dibiarin saja, nanti justru busuk dan belatung  bermuncunculan.

Terlebih lagi kalau ada acara penting seperti kumpul keluarga besar, arisan keluarga, hajatan, atau mungkin Hari Raya  Idul Fitri or Hari Raya Idul Adha. Makanan yang disajikan untuk tamu pun biasanya hidangan istimewa, seperti sambal hati, opor, rendang, gulai nangka dan menu-menu dengan banyak santan atau minyak. Bisa dibayangkan cucian kotor yang menumpuk, dari panci-panci bekas masak plus piring, gelas, mabgkok bekas makan.

Tetapi sepertinya tidak perlu terlebih dahulu membayangkan tumpukan panci dan piring kotor yang menggunung. Kita harus membuat kegiatan mencuci piring sebagai kegiatan rutin harian yang menyenangkan. So, bagaimana cara mudah menikmati cuci piring. Simak tips ringan ini agar mencuci piring tetap menyenangkan.

Baca Juga :
4 Pekerjaan Rumah yang Saya Sukai
Cara Mudah Memasak Ketupat dengan Panci Presto

Tips Menikmati Kegiatan Mencuci Piring

Bayangin nggak, kalau saat mencuci piring justru minyaknya pindah ke tangan kita dan sulit dihilangkan. Atau mungkin piring atau panci yang lain justru ikut terkena kotoran yang membandel tersebut? Hal ini terkadang yang membuat kita setengah hati melakukan pekerjaan ini, belum lagi kalau memiliki alergi terhadap detergen tertentu. Dah angkat tangan jadinya. Yu, simak agar mencuci piring selalu menyenangkan.

1. Cuci Langsung Setiap Selesai Makan atau Masak

Setiap selesai makan atau memasak, langsung cuci perkakas yang kotor. Sehingga perkakas yang kotor tidak menumpuk. Hal ini sekaligus menghindari perkakas dengan tingkat kotoran ringan hingga perkakas dengan kortoran yang berat bercampur. Dengan cara ini, kita bisa menghemat waktu sekaligus hasil cucian benar-benar maksimal.

2. Memisahkan Perkakas Berdasarkan Tingkat Kotornya

Pisahkan piring, gelas, panci bekas masak berdasarkan tingkat kotornya. Cuci terlebih dahulu perkakas dengan tingkat kotoran yang ringan, dilanjutkan dengan tingkat sedang dan lalu yang paling kotor. Maka, hasil cucian tidak akan mengecewakan.

3. Bedakan Spons untuk Mencuci Piring

Bedakan spons cuci piring berdasarkan jenis perkakas. Biasanya spons busa digunakan untuk mencuci piring dan gelas. Sedangkan spons kawat untuk mencuci kerak-kerak yang membandel. Namun, saat ini berbagai macam perkakas masak dengan bahan anti lengket dan mudah dibersihkan banyak tersedia, dari  harga yang murah hingga mahal. Tetap saja, kenali sponsnya agar perkakas tidak cepat rusak saat kita mencucinya.

4. Mencuci Piring Tanggung Jawab Tiap Individu

Tanamkan pada anggota keluarga atau siapapun penghuni di rumah jika mereka harus mencuci perkakas yang mereka pakai setelah selesai. Dengan begini,  setiap individu memiliki tanggung jawab dan mereka merasa ringan karena tidak perlu mencuci piring yang menumpuk. Cukup hanya mencuci perkakas yang dia gunakan sendiri.

Mencuci Piring
Sunlight Pro 5 L

5. Kenali Sabun Cuci Piring yang Tepat

Setelah memisahkan perkakas berdasar kadar kotornya dan juga menjadwal tiap individu untuk mencuci perkakas yang menjadi tanggung jawabnya, maka kita harus memilih sabun cuci piring yang tepat. Sunlight lime profesional contohnya, yang memiliki kekuatan 100 jeruk nipis ini mampu menghilangkan lemak dan noda membandel. Tangan kita juga akan tetap lembut. Sunlight pro ini menggunakan teknologi fast Rinse yang membuat perkakas mudah dibilas dan tidak meninggalkan bau sabun.

Kesimpulan

Mencuci piring bukanlah pekerjaan yang menjengkelkan, jika kita pandai mensiasatinya. Melakukan 5 langkah diatas niscaya setiap individu akan ringan saja menjalankannya tanpa paksaan. Terlebih dengan pilihan sabun cuci piring yang tepat dengan teknologi yang membantu mencuci piring dengan cepat plus tangan tetap lembut dan dijamin tidak akan alergi. Selamat mencuci piring dengan bahagia.

4 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.