Memasak Ketupat Dengan Panci Presto

Cara Mudah Memasak Ketupat Menggunakan Panci Presto. Wah tak terasa hari ini sudah hari ke-11 Ramadhan 1440H, ya. Berarti kurang dari 3 minggu insyaAllah kita akan bertemu Hari raya Idul Fitri. Tentunya lebaran terasa tidak lengkap jika tidak ada sajian ketupat.  Dilengkapi dengan masakan opor ayam, sambal ati  + kentang, dan kerupuk, ketupat begitu menggugah selera, meski 3 sajian tersebut selalu disajikan berulang kali setiap tahunnya.

Jika ditanya apakah saya pernah masak ketupat? Saya akan menjawab belum pernah, karena sejauh saya bisa mengingat semua kejadian yang ada di dalam hidup saya, setiap lebaran yang membuat ketupat adalah ibu dan ibu mertua saya, saya hanya membantu, dan melihat proses memasaknya dan menikmati keesokan harinya.

seingat saya berikut langkah-langkag yang dilakukan ibu mertua untuk memasak ketupat. Sebelum  beras di masukan dalam ketupat, biasanya ibu mertua merendamnya terlebih dahulu. Biasanya juga dipilih jenis beras yang jika dimasak hasilnya tidak keras. Setelah beras direndam kuranglebih satu jam, ibu memasukkan beras sekitar ¾ dari ukuran ketupat, dan memasaknya hampir seharian, sekitar 6 jam-an. Meski zaman sekarang orang memasak dengan menggunakan kompor gas, tetapi ibu mertua memasak ketupat di atas kompor minyak yang ukuran 24 sumbu. Memang hasilnya memuaskan dan awet lebih dari satu hari.

Tahun ini sepertinya saya tidak lebaran di rumah mertua….hmmm..lalu bagaimana dengan sajian ketupatnya? Jujur saja, saya orangnya nggak telaten, kayaknya nggak sanggup mengurus ketupat yang harus dimasak seharian penuh.  Lalu apakah ada cara yang lebih mudah dan memakan waktu yang singkat untuk memasak ketupat?

Masak Ketupat Menggunakan Panci Presto

Sumber Gambar : www.Pinterest.com

Ada dong…kita bisa memasak ketupat menggunakan panci presto dan itu hanya memerlukan waktu kuranglebih 30 menit untuk memasaknya, dan ketupat sudah siap disajikan. Jika belum memiliki panci presto, tenang saja mudah sekali mendapatkannya harganya sekitaran Rp 240.000,00. Jika dapat THR bisa dong sebagian untuk dibelikan panci presto.

Lalu, bagaimana cara memasaknya? Sebenarnya langkahnya tidak jauh berbeda jika kita memasak menggunakan panci biasa, hanya alatnya saja yang berbeda. Nah mungkin biar nggak bingung kita bisa merangkum langkah-langkah membuat ketupat menggunakan panic presto. Yuk, ikuti langkah berikut ini!

#1 Siapkan Panci Presto

#2 Siapkan +- beras 1 Kg (atau sesuai kebutuhan) berkualitas bagus, cuci hingga benar-benar bersih

#3 Rendam beras +- selam 1 jam

#4 Siapkan ketupat, isi ¾ bagian ketupat dengan beras, tutup dan ikat. Lakukan berulang hingga beras habis

#5 Masukkan ketupat yang telah diisi dengan beras ke dalam panci presto, tuang air ke dalamnya hingga ketupat terendam (tapi jangan sampai terlalu penuh)

#6 Masak ketupat dalam api besar, setelah menutup cooker dengan rapat. Masak kurang lebih 30 menit

#7 Setelah 30 menit, matikan api, diamkan panci hingga suhunya dingin, Angkat ketupat, tiriskan atau digantung. Ketupat lebaran siap di sajikan.

Sepertinya mudahkan, tetapi saat menggunakan panci presto sebagai alat memasak, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah saat ingin mengambil masakan dari dalam panci atau membuka panci presto setelah masakan matang, tunggu suhu panci presto benar-benar dingin. Jika kita membukanya  masih dalam keadaan panas bisa sangat membahayakan diri karena panci presto bisa meledak atau menyemburkan air panas di dalamnya.

Nah, yuk nanti Hari Raya Idul Fitri kita masak sendiri ketupat dengan menggunakan panci presto. Setelah membaca langkah-langkah di atas, mudah sekali bukan? Selamat memasak ketupat lebaran.

#BloggerPerempuan
#BPN30DayRamadhanBlogChallenge
#30HariKebaikanBPN
#Day11


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: