Menu Masakan Kesukaan Mantan, Menu #RamadanTahunIni. Mantan adalah salah satu kata ajaib dengan banyak sekali responnya. Ada yang langsung merasa tergores hatinya, ada yang senyum-senyum, ada pula yang langsung memaki. Memang mantan seperti terdengar negatif gitu ya kesannya. Namun mengapa pikiran kita selalu menjurus ke arah mantan pacar?

Menu Kesukaan Mantan
Edited by Canva

Bagaimana dong bagi yang nggak pernah pacaran dan nggak menganut gaya hidup pacaran. Pasti rekasinya datar-datar saja setiap mendengar kata mantan. Ada juga mungkin dia punynya hanya mantan sahabat, mantan tetangga rumah atau mantan musuh.

Nah, di bulan yang penuh rahmat ini, yuk kita bicara tetang mantan yang pastinya Allah tetap sayang. Mantan teman taaruf aja ya yang kita bahas, alias mantan teman taaruf yang sekarang jadi partner hidup.

Bagi yang belum menemukan mantan teman taaruf, semoga dipertemukan jika sudah saatnya nanti ya.

Menu Kesukaan Mantan

Setelah menjadi partner hidup tentunya dia akan menjadi prioritas saya. Lidah saya yang justru akan menyesuaikan dengan kesukaan mantan teman taaruf. Jika dulu kita biasanya saya tidak begitu suka dengan sambal, kini kalau tidak ada sambal saat makan, rasanya kurang. Bahkan saat ini lidah saya yang dulunya suka dengan masakan ajwa kini bertranformasi menjadi lidah sumatra, alias suka masakan sumatra. MAsak nggak pernah memakai gula sama sekali. Saya enggak tahu apa nanti masakan saya masih bisa diterima dengan baik oleh keluarga saya di Yogya.

Jadi menu apa sih kesukaan mantan teman taaruf saya itu?

Sambal Teri

Dulu pertama kali menjadi istri belia, saya sangat kewalahan ngulek cabe merah hingga halus. Habisnya waktu masih gadis saya terbiasa hanya memotong cabe, bawang, lalu menumisnya. Nggak pernah menggiling cabe mentah hingga halus. Walhasil beberapa hari tangan saya terasa kepanasan, karena menggiling cabe. Ya soalnya cabe yang digiling nggak hanya satu atau dua saja, tapi banyak.

Sambal Teri Kesukaan Mantan
Sambal Teri

Sambal teri inipun ternyata bermacam-macam, dan kesukaan beliau adalah teri tanjung alias teri dari tanjung pinang. Memang beda sih, rasanya lebih gurih dan tahan lama.

memasak sambal teri ini cepat sebenarnya. Cukup goreng terinya hingga matang. Tumis sambal atau cabe yang sudah digiling hingga harum, masukkan teri. Memasukkan teri ini ada 2 versi, yang pertama setelah cabe masak teri langsung dimasukkan. Veri yang kedua, teri dimasukkan seteah cabai dingin, tujuannya agar teri nggak melempem. Tapi ini selera saja ya.

Sayur Bening Bayam + Jagung

Sayur bayam jagung kesukaan mantan
Sayur Bening Bayam Jagung

Memang endes kalau masak sambal teri deitemani sayur bening Bayam+jagung manis. MAsak sayur ini juga cepat dan bumbunya cukup praktis. Cukup potong bawang merah dan bawang putih 1 – 2 siung juga jagung manis yang sudah dipotong beberapa bagian, masukkan ke air, tunggu hingga mendidih, atau jagung sudah empuk, masukkan bayam. tambahkan garam dan penyedap rasa (jika suka). tarad, sayur bening sudah siap dihidangkan.

Peyek Teri

Peyek teri Kesukaan mantan
Peyek teri

Peyek teri Vs sambel teri? Enak-enak saja. Partner hidup saya suka banget sama yang namanya peyek teri. Peyek ini kadnag untuk teman makan atau cukup camilan saja. Meskipun setiap saya memasak peyek teri, saya juga memasak peyek kacang, tetapi dia selalu bilang jika lebih suka peyek teri. Baru jika peye terinya sudah habis, dia baru mau mencomot peyek kacangnya.

Kerupuk

Kerupuk kesukaan mantan
Kerupuk Nasi

Makan malam beliau tidak akan lengkap tanpa kerupuk. Kerupuk kesukaanya adalah kerupuk warna coklat dari beras atau nasi (saya lupa namanya) di sini harganya Rp 6.000/bungkus. Kerupuk ini memang beda, rasanya gurih. bentuknya agak mirip-mirip “lempeng”, kerupuk dari Jawa, biasanya dibuat dari sisa nasi yang ditaburi soda, lalu dijemur hingga kering. baru digoreng.

Bolu Kemojo

Bolu panggang yang terbuat dari tepung, santan, dan telur ini emmang rasanya legit tapi tidak nek. pewarna dari daun suji atau pandang emmbuat kue ini tercium gurih dan harum. Oh ya, Partner hidup saya memang berasal dari Riau, masih keturunan orang melayu. Kue manis inimemang kue khas melayu, tiidak salah sih kalau kue lezat ini tak pernah lekang dari ingatan lidah pak suami. Ini biasanya diasjikan untuk berbuka dan juga teman ngemil.

Bolu Kemojo Kesukaan Mantan
Bolu Kemojo

Sederhana bukan masakan kesuakan mantan saya? Ramadan kali ini demi membahagiakan perutnya yang telah berpuasa seharian, saya sering memasakan menu-menu di atas. Semoga rumahtangga kita berkah dan Ramadan membawa kebaikan dalam hidup kita. Aamiin. (end)

#Day17
#RamadanKaliIni
#BPNRamadan2020
#BPN30DayRamadanChallenge2020


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.