Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya
Lifestyle

5 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

 

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya. Pernahkah memiliki teman yang memiliki bau mulut? Rasanya nggak enak banget ya pas lagi komunikasi dengannya. Mau menutup hidung, takut tersinggung. Walhasil jalan satu-satunya yang dilakukan adalah memperpendek komunikasi dengannya.

Lalu bagaimana jika bau mulut itu dialami oleh kita sendiri? Apa yang harus dilakukan? Bau mulut memang sangat mengganggu karena membuat rasa percaya diri kita turun drastis. Namun untuk mencegah dan mengatasi bau mulut itu sendiri kita harus mengetahui penyebabnya.

Mengutip dari laman halodoc.com ada  beberapa penyebab bau mulut, antar lain:

#1 Makanan dan Minuman

Makanan merupakan salah satu penyebab bau mulut, karena makanan yang masuk ke dalam perut kita jalan pertamanya melalui mulut untuk dikunyah sebelum masuk ke dalam tenggorokan dan diproses di lambung. Namun perlu diperhatikan bahwa ternyata ada beberapa makanan yang dapat memicu bau mulut antara lain bawang putih,  makanan pedas, ikan, keju, kopi.

#2 Merokok

Bau tembakau yang dihisap perokok akan menempel dengan kuat di mulut. Baunya susah dihilangkan, jalan satu-satunya adalah dengan meninggalkan kebiasaan merokok.

#3 Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Jika kita tidak rajin menggosok gigi, maka sisa makanan yang menempel di gigi akan semakin menumpuk dan akhirnya menjadi karang dan menjadikan salah satu penyebab bau mulut. Alangkah lebihbaiknya jika kita membiasakan diri untuk menggosook gigi minimal 2 kali dalam sehari, dan mungkin bisa ditambah dengan berkumur menggunakan obat kumur khusus yang membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menyelip digigi dan tidak mampu dijangkau oleh sikat gigi.

#4 Problem pada Perut

Perut sebagai tempat utama pengolahan makanan di dalam tubuh kita merupakan salah satu sumber penyebab bau mulut. Proses pencernaan yang tidak baik, sembelit, atau juga problem di dalam usus membuat bau makanan yang baru saja kita nikmati kembali ke mulut kita. Jika proses pencernaan di dalam tubuh kita mampu meproses makanan dengan baik, maka ia akan menghasilkan acid reflux dan yeast overgrow yang membuat bau mulut kita.

#5 Gigi Berlubang

Pada gigi berlubang, kuman atau bakteri akan tumbuh dengan subur di sana, sehingga dibagian lubang itu akan membusuk dan tentunya tidak bisa dielakkan lagi jika bau mulutpun akan kita alami.

Baca juga : 4 Faktor Munculnya Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat

Untuk mengurangi ataupun mengatasi agar kita tidak mengalami bau mulut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

#1 Mengurangi Mengkonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut

Beberapa makanan pemicu bau mulut yang telah disebutkan diatas alangkah lebih baik jika kita mengurangi mengkonsumsinya.

#2 Pola Hidup Bersih

Membiasakan diri dengan menjalani pola hidup bersih dengan menggosok gigi minimal duakali sehari, berkumur atau membersihkan sela-sela gigi dengan benang. Juga rutin berkonsultasi ke dokter gigi untuk pembersihan karang agar hasil yang didapat lebih sempurna.

#3 Mengunyah Permen Karet

Permen karet mampu membunuh bakteri di dalam mulut, karena produksi air liur yang banyak

#4 Banyak Mengkonsumsi Buah-Buahan

Sudah kita ketahui bahwa buah memiliki banyak kandungan vitamin dan gizi, buah berperan sangat penting karena mampu menghambat aktivitas bakteri di dalam mulut. Juga dengan mengunyah buah, akan merangsang produksi air liur yang banyak sehingga mampu mencegah bau mulut.

#5 Perbanyak Minum Air Putih

Kita pasti sudah tahu jika saat bangun tidur, mulut kita terasa bau. Ini terjadi karena saat kita tidur, produksi air liur sangat sedikit sehingga pertumbuhan bakteri di dalam mulut semakin banyak yang akan menghasilkan senyawa belerang sehingga menyebabkan bau mulut. Untuk itu salah satu solusinya adalah memperbanyak minum air putih, terlebih saat bangun tidur sehingga mulut tidak kering dan hal itu memperlambat proses pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang otomatis akan mengurangi bau mulut kita.

Nah, mungkin penyebab dan tips-tips sederhana di atas bisa diterapkan sehingga bau mulut tidak akan menyerang kita. Selamat berpuasa. (end)

#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN
#BPN30DayRamadhanBlogChallenge
#Day10

referensi tulisan:
#https://www.halodoc.com/7-penyebab-bau-tak-sedap-pada-mulut
#http://rubrikita.com/cara-mengatasi-bau-mulut/
#https://hallosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: