Cara Mengatasi jerawat

4 Faktor Munculnya Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat. Jerawat biasanya tumbuh di wajah dan keberadaanya sangat mengganggu, dan membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Banyak factor penyebab tumbuhnya jerawat, yang biasanya tumbuh di bagian wajah, punggung, dan leher. Jerawat seringnya muncul setelah seseorang mengalami masa pubertas dikarenakan adanya perubahan hormon yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak minyak. Terkadang sudah begitu banyak cara dilakukan tetapi jerawt masih saja membandel, atau hilang sejenak dan lama berdiam diri.

Menurut web Alodokter.com ada 4 hal yang menyebabkan jerawat itu tumbuh:

#1 Over Produksi Sebum

Sebum merupakan zat yang dihasilkan oleh kelenjar minyak berfungsi sebagai pencegah kulit kering.

#2 Folikel Rambut yang Tersumbat

Tersumbatnya folikel rambut oleh sebum dan sel kulit mati membuat

#3 Bakteri Propionibacterium acnes yang berkembang dan menyumbat folikel rambut

#4 Hormon

Selain 4 hal pemicu tumbuhnya jerawat seperi di atas, ada juga 4 faktor yang dapat memperbesar kemungkinan seseorang dapat mengalami jerawat:

#1 Perubahan Hormon
#2 Masa Pubertas
#3 Keturunan
#4 Stress

Melihat 4 faktor di atas, saya kemudian melihat bahwa 3 hal di antaranya di atas sekarang sedang di alami oleh si bungsu. Suara si bungsu yang baru berubah beberapa bulan yang lalu, dan kini wajahnya banyak ditumbuhi jerawat. Sudah berbagai usaha yang dilakukan, namun jerawatnya lebih senang mendekam di sana.

Seperti faktor keturunan, jerawat yang banyak tumbuh di wajahnya itu didapatkan dari warisan  gen ayahnya. Dulu sebelum Pak Suami menikah, Jerawat sering menyerang wajahnya. Namun setelah menikah, kini hampir dibilang 99% tidak pernah berjerawat lagi.

Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk membantu jerawat yang tumbuh di wajah si Sulung tidak semakin banyak antara lain:

#1 Menganjurkan Si Sulung untuk rajin membersihkan wajahnya

Membersihkan yang dimaksud adalah mencuci muka dengan facial foam yang rekomended untuk wajah. Kemudian membersihkan wajah dengan cleanser sebelum tidur. Sesekali memasker wajah dengan masker yang cocok untuk kulit

#2 Mengoleskan salep Anti Acne

Setelah rangkaian membersihkan wajah tersebut selesai, oleskan salep  anti acne  di jerawat yang sedang meradang.

Seperti yang dilansir di laman alodokter.com salah satu cara menyembuhkan jerawat adalah menemui dokter dibidangnya, karena pengobatan jerawat tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Nah kalau kamu sendiri , apa tipsmu untuk menyembuhkan jerawat? (end)

#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN
#BPN30DayRamadhanBlogChallenge
#Day9


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

3 Comments

Bocah Udik · 14 May 2019 at 08:27

Alfie sih faktor keturunan kak. Wajahnya penuh dengan jerawat. Selalu berminyak. Tapi kalau tiba waaktunya, akan berkurang. Namun sayang, kemarin dipencetin.

Alfie juga beberapa kali pindah ke dokter kulit. Dan yang terakhir itu, yang serasi. Namun sekarang sudah tak kesana lagi.

Wiwid Nurwidayati · 15 May 2019 at 05:38

Kayaknya faktor keturunan, besar pengaruhnya ya

5 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya | Wiwid Story · 15 May 2019 at 22:54

[…] Baca juga : 4 Faktor Munculnya Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: