Cara Klaim Kacamata BPJS Kesehatan dengan Mudah. Sudah cukup lama saya dan pak suami merasa tidak nyaman dengan kondisi mata, terutama saat membaca. Lalu kami mencoba memeriksakan mata ke dokter untuk mengetahui kondisinya, dan jika memang perlu memakai kacamata kami berniat mengklaimnya ke BPJS Kesehatan.

Dan akhirnya hari ini kami, eh saya memiliki kacamata. Tapi dokter memvonis mata saya masih sehat. Hanya karena usia (wadaw) wajar jika fungsi mata saya berkurang, terutama untuk membaca. Jadinya sesuai anjuran dokter bahwa saya hanya memakainya saat membaca saja.

Wah, terus mudah nggak nih prosedur klaim kacamata di BPJS Kesehatan. Ternyata mudah banget, nggak pakai ribet. Jadi bagaimana caranya?

Cara Klaim Kacamata BPJS
Kacamata setelah Klaim ke BPJS Kesehatan

Cara Klaim Kacamata BPJS Kesehatan

Sebelum kami pergi ke klinik untuk memeriksa mata, kami membaca di beberapa website tentang cara klaim kacamata ini. Tapi yang kami dapatkan kok kesannya ribet gitu. Akhirnya kami nekat saja tanya ke klinik faskes I dan beginilah alurnya

1. Meminta Rujukan dari Faskes 1

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menuju klinik faskes 1. Di sana tidak diperiksa apapun. Dokter akan langsung mengeluarkan surat rujukan ke rumah sakit sesuai keinginan kita. Kami menunjuk Rumah Sakit Camatha Sahidya (CASA) yang kebetulan rumah sakit terdekat dari rumah. Oh ya, surat rujukan dari dokter tersebut berlaku selama 3 bulan, tetapi hanya untuk sekali kunjungan.

2. Ke Rumah Sakit Rujukan

Keesokan harinya kami pergi ke rumah sakit rujukan. Kami langsung menuju loket pendaftaran, menunjukkan surat rujukan, kartu BPJS dan KTP. Dan semuanya berjalan lancar tanpa ada kendala, kecuali dokternya. Ternyata hari itu jadwal dokter yang seharusnya bertugas adalah jam 09.00 -12.00 wib tidak datang. Sehingga petugas pendaftaran menganjurkan kami untuk datang kembali pukul 13.00 wib sesuai jadwal dokter pengganti.

Kami pun balik lagi pukul 13.00 wib, dan ternyata pasiennya sudah banyak yang menunggu. Satu persatu kami diperiksa kesehatan matanya oleh perawat. Setelah diperiksa dan mendapatkan diagnosis dokter, kami mendapatkan surat rujukan yang dibawa ke toko optik untuk memesan kacamata sesuai dengan kebutuhan mata kami masing-masing.

3. Menuju Optik Rujukan BPJS

Karena hari masih sekitar pukul 15.00 wib saat kami keluar dari rumah sakit, maka kami memutuskan langsung menuju ke optik rujukan. Sesampainya di optik petugas dengan ramah melayani. Mereka sempat menanyakan akan tetap memakai jalur BPJS atau memakai jalur umum. Jika memakai jalur umum, jika kacamata yang kami pilih melebihi plafon harus menambah biayanya. tetapi jika memakai jalur BPJS, kami hanya bisa memilih kacamata sesuai kelas yang telah disediakan.

Cara Klaim Kacamata BPJS
Surat Rujukan Ke Optik yang Bekerjasama dengan BPJS

Memang ternyata di Optik yang bekerjasama dengan BPJS telah menyediakan berbagai macam frame kacamata berdasarkan kelasnya. Untuk kelas 1 plafon harga paket kacamata dan lensa Rp 300.000,00, untuk kelas 2 plafon harga kacamata sebesar Rp 200.000,00, dan kelas 3 sebesar Rp 150.000,00. Jadi jika kamu menginginkan kacamata melebihi plafon, kamu perlu membayarnya dari kantongmu sendiri.

Karena kacamata yang disarankan dokter untuk saya adalah kacamata baca dengan minus 1.25 maka nggak perlu waktu lama, esok harinya kacamata tersebut telah jadi. Sedang punya suami karena harus lensa dobel, maka perlu menunggu sekitar 2 minggu.

Cara Klaim Kacamata BPJS
Jenis-Jenis Kacamata Berdasarkan kelas di BPJS Kesehatan

Kesimpulan Cara Klaim Kacamata BPJS

Intinya bagi kamu yang memang memerlukan bantuan kacamata agar penglihatannya enak, kamu nggak usah takut, karena cara klaim kacamata BPJS Kesehatan itu gampang, tanpa ribet dan tak keluar uang sedikitpun. Kamu hanya perlu meminta rujukan ke Faskes 1, lalu periksa mata ke Rumah sakit rujukan dan klaim kacamatamu di Optik ynag telah bekerjasama dengan BPJS. Nanti nama-nama optik tersebut dilampirkan dengan srat diagnosis dokter setelah mata diperiksa.

Yuk klaim saja, penuhi syaratnya, datangi klinik, lalu rumah sakit rujukan dan terakhir Optik rujukan. Dapatkan kacamata sesuai kebutuhanmu.