Barakallah, sebuah kata di sampaikan oleh seorang sahabat nun jauh di seberang lewat sebuah pesan yang dikirimkan lewat aplikasi WA. Lalu siangnya si bungsu datang dengan malu-malu dan senyum manisnya dan mengatakan,”Ummi cium pipinya.”  Anak bungsu saya adalah anak yang paling ekspresif dibanding 2 kakaknya. Dia tak segan-segan mengungkapkan apa yang dia rasakan, dan saya tersentak oleh kiriman kata-kata dan juga hadiah ciuman sayang dari Si Bungsu jika hari ini Allah telah mengurangi jatah hidup saya. Saya semakin tua dan mendekati kematian.

Semua tak ada yang istimewa kecuali saya kembali mengenang perjalanan hidup selama ini. Dan saya beristigfar, sudah berapa banyak waktu yang saya lalui dengan kesia-siaan? Saya masih teringat tragedi akhir tahun di Tanjung Lesung dan Lampung yang menewaskan banyak manusia. Kepo dengan istri vokalis grup band Seventeen yang ternyata MasyaAllah, cantiiik sekali. Melihat foto-fotonya yang ditampilkan di IG. Apakah mbak cantik kesayangan vokalis Seventeen ini saat dipanggil disisi-Nya sedang menutup rapat auratnya? Seketika berdesir hati ini, bagaimana jika akhir hidup saya suul khatimah?

Kemudian sehari setelahnya ikut menonton film Hafalan Shalat Delisa yang sangat disukai anak-anak. Semuanya mengajarkan kepada saya bahwa kematian itu tidak ada yang tahu kapan datangnya, tapi kematian itu pasti datang.

Timbul kembali pertanyaan, bagaimana jika saya tidak bisa mengajarkan dengan baik tentang agama hingga iman islam tidak tertanam baik di dada anak-anak saya? Oh banyak lagi hal yang meracau pikiran saya.

Allah memberikan bencana di akhir tahun, agar kita yang masih hidup selalu belajar untuk intropeksi diri, merenungi diri, memperbaiki diri dan kemudian mendekatkan diri kepada-Nya. Begitupula ketika jatah usia saya di dunia berkurang. Seharusnya saya merenungi apa yang telah dilalui selama ini, meniggalkan hal-hal yang tidak dirihdoi-Nya, memperbaiki diri dan keluarga, dan mendekatkan diri kepada-Nya. Karena kepada-Nya kelak kita akan kembali

Semoga Allah memberikan saya dan keluarga sisa umur yang berkah, rezeki yang berkah dan berlimpah, dan iman islam yang semakin baik . aamiin…allohumma aamiin.

#Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Estrilook Community #Day2
#Dan diikutsertakan dalam tugas 1minggu1cerita


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: