Inspiration

Mudah Mengatasi Masalah Bersama Aa’ Gym

Mudah Mengatasi Masalah bersama Aa’ Gym. Siang itu Masjid Jabal Arafah terlihat ramai daripada hari-hari sebelumnya saat saya berkunjung ke sana. Biasanya shaf salat dzuhur tidak terlalu penuh, hanya dua baris, tetapi hari itu, minggu 21 July 2019, saf perempuan terlihat penuh. Ya, siang itu ada jadwal ceramah agama dari Aa’ Gym ba’da salat dzuhur. Animo masyarakat yang mengetahui jadwal ceramah Aa’Gym begitu terasa.

Beberapa menit setelah salat dzuhur selesai, panitia membuka acara dengan sambutan dan bacaan kalam ilahi. Dan tidak pakai lama, Aa’ Gym naik ke panggung.

Aa’ Gym sebenarnya tidak terlalu baru di Batam. Tahun 1998-2000 adalah masa kejayaan di mana Aa’ Gym yang saat itu telah memiliki pesantren Daarut Tauhid di daerah Batuaji, sering mengisi ceramah-ceramah agama, di masjid-masjid yang berada di Batam dan tentu saja jamaah yang datang terus membludak.

Siang itu, meski jamaah yang datang tidak sebanyak dulu, namun masjid Jabal Arafah penuh dengan jamaah yang khusyu’ mendengarkan tausiyahnya.

Ceramah Aa’ dimulai dari sebuah pertanyaan sederhana. “Jika di depan anda ada ular dan makanan lezat, kira-kira para jamaah fokus ke mana? Ular apa makanan lezat?”

Tentu saja hampir semua jamaah yang hadir pada siang itu menjawab jika akan fokus ke ular. Lalu ditanya alasannya apa? Lagi-lagi jamaah menjawab dengan serempak bahwa ular itu membahayakan bagi kita semua.

Baca Juga : Jangan Sia-siakan Waktumu, Jika Tidak Ingin Kehilangan Kesempatan

Lalu Aa’ Gym menjelakan makna perumpamaan dari ular dan makanan lezat tersebut. Bahwa ular itu diumpamakan dosa-dosa kita. Namun pada kenyataanya, banyak yang tidak ngeh dengan dosa-dosa diri sendiri. Padahal dosa-dosa itu seperti ular, berbisa dan membinasakan. Bisa dibayangkan di hari akhir nanti, apakah dosa-dosa diri sendiri ataukah dosa-dosa orang lain yang ditanyakan? Jawabannya tentu dosa-dosa diri sendiri.

Mudah Mengatasi Masalah Bersama Aa' Gym
Aa’ Gym saat mengisi cerama di Masjid Jabal Arafah Batam

Kita ini sering fokus dengan dosa ataupun kesalahan orang lain, juga fokus dengan apa yang dibicarakan orang lain tentang kita. Namun kita lebih sering lupa untuk menghitung diri sendiri atau karena takut dengan omongan orang lain, kita justru melakukan dosa. Begitu mungkin inti pesan pada session pertama ceramah Aa’ Gym siang itu.

Mendengar ceramah Aa’ Gym rasanya seperti tertampar. Meski Aa’ menjelaskannya dengan sangat ringan, enak, seperti kita yang sedang berhadapan berbincang berdua. Waktu yang telah berjalan hampir  1 jam 30 menit terasa sangat cepat sekali berlalu. Namun, karena  Aa’ harus meninggalkan Batam, kembali ke Bandung maka beliau tidak bisa berlama-lama.

Istigfar Kunci Pembuka Jalan  Mudah Mengatasi Masalah

Di session berikutnya Aa’ mengajari kita bagaimana caranya bisa keluar dari kesulitan hidup. Sering ya kita temui atau mendengar keluh kesah dari ornag lain tentang sulitnya kehidupan mereka. Padahal jika ditilik secara benar, bisa jadi kesuitan yang mereka keluhkan itu belum ada apa-apanya. Eh…bukan saja mendengar keluh kesah orang lain, biasanya kita juga merepet ataupun mengeluh dengan keadaan diri sendiri karena kesulitan hidup yang dihadapi.

Dan kunci dari segala kesulitan hidup itu adalah istigfar. Karena istigfar mampu menghapus dosa-dosa yang terus kita buat, terus menumpuk karena kita tidak menyadari bahwa apa yang kita lakukan adalah sebuah dosa. Ini biasanya dosa-dosa yang sepertinya sudah lazim diperbuat seperti menggunjing atau menggibah dan lain sebagainya.

Seperti yang disampaikan Aa’ Gym siang itu jika ada banyak pertanyaan di bawah ini:

Sulit mendapatkan jodoh? Kuncinya Istigfar
Sulit melunasi hutang? Kuncinya Istigfar
Sulit mendapatkan keturunan? Kuncinya istigfar
Sulit membuka hati suami/ istri yang tidak taat atau berbuat kedzaliman? Kuncinya istigfar
Intinya semua kesulitan hidup yang kita hadapi akan dipermudahkan jalannya atau diberi rezeki yang tidak disangka-sangka.

Diibaratkan dosa adalah debu yang tebal di kaca sebuah mobil. Bagaimana bisa sopir mencapai tempat tujuan jika tidak bisa melihat jalanan karena kaca yang tertutup debu tebal. Tentu sopir atau penumpang harus segera membersihkan debu tersebut hingga dapat melihat keadaan sekitar dan selamat dari kecelakaan. Membersihkannya debu ini ibaratnya kita membaca istigfar, maka dosa kita perlahan-lahan akan terkikis hingga habis tak bersisa.

Baca Juga : Aa’Gym : Obat Mujarab Adalah Istigfar

Apa keuntungannya ketika kaca mobil telah bening kinclong? Tentu saja orang di luarr kendaraan kita dapat melihat kita, mungkin ada yang mau memberi Koran gratis atau sedekah gratis. Begitu pula ibaratnya, karena dosa-dosa yang menempel dalam jiwa kita ini telah terkikis habis maka Allah mampu melihat diri kita dan tepat sasaran memberikan pertolongannnya (meski Allah itu Maha Tahu) tetapi ketika kita tidak mendengar larangan dari Allah, Dia akan murka bukan?

Mungkin tausiyah dari Aa’ Gym seperti yang saya paparkan di atas bisa membuat hati kita terbuka untuk kembali menghitung kesalahan diri sendiri, bertaubat dan memperbanyak istigfar. InsyaAlloh istigfar dapat membantu kita mudah mengatasi masalah hidup di dunia. Aamiin…aamiin…yaa robal ‘alamiin. (end)

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: