Amalan Puasa
Lifestyle

3 Amalan Puasa untuk Keberkahan Hidup

Amalan Puasa

3 Amalan Puasa untuk Keberkahan Hidup. Di dalam islam banyak sekali amalan-amalan sunah yang dianjurkan, yang semuanya dijanjikan berbagai macam keutamaan. Ada amalan puasa sunah, amalan salat malam, amalan sedekah dan amalan lainnya yang tidak terhitung jumlahnya. Namun meskipun amalan-amalan itu telah dijanjikan berbagai macam keutamaan (hadiah) masih banyak orang yang enggan mengambilnya atau melakukannya.alasan orang enggan melakukannya karena mungkin kurang mengerti keutamaan melaksanakannya, kurang mengerti amalan-amalan apa saja yang bisa dilakukan, atau memang sedang berhalangan.

Nah, berikut ini beberapa amalan-amalan sunah yang bisa kamu kerjakan jika ingin mendapatkan cinta-Nya. Mengapa amalan sunah justru menambah nilai kita sehingga Allah semakin mencintai kita? Karena perintah wajib itu mungkin banyak yang melakukan, selain perintahnya wajib yang jika meninggalkan akan mendapatkan dosa. Tetapi lihatlah, amalan-amalan sunah yang memang tidak diwajibkan mengerjakan di saat orang lain sedang bersenang-senang, tentunya terlihat istimewa.

Jenis-jenia amalan puasa yang bisa kamu kerjakan untuk meraup keberkahan hidup:

1.Amalan Puasa Senin-Kamis

Alasan Nabi Muhammad SAW melaksanakan puasa Senin Kamis adalah seperti yang diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Tirmidzi yang berbunyi,”Diperlihatkan amal-amal pada setiap Senin dan Kamis, maka aku ingin diperlihatkan amalku saat aku sedang berpuasa.”

Puasa senin kamis selalu dikerjakan Rasulullah SAW, pintu surga di buka, diperlihatkannya amalan kita, hari Senin adalah hari istimewa karena Nabi Muhammad lahir pada hari senin.

2. Puasa Daud

Puasa daud seperti namanya, puasa ini awalnya dilakukan oleh Nabi Daud, dengan ketentuan satu hari puasa, satu hari berbuka. Puasa Daud adalah puasa yang paling disukai Allah, seperti bunyi hadist Riwayat BUkhari yang artinya “Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Dan sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. (HR. Bukhari)

3. Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan ini bersifat wajib. Jika meninggalkan karena suatu hal, wajib menggantinya di lain hari. Selain puasa di bulan Ramadhan, bulan ini juga memiliki banyak berkah di mana semua amal kebajikan dilipat gandakan. Allah juga menurunkan satu malam istimewa di bulan ini, Lailatul Qadr.

Perintah puasa di bulan Ramadhan tertulis di dalam Alquran surat Albaqarah ayat 183 yang artinya “Hai oreng-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Melihat begitu istimewanya bulan Ramadhan, bulan ini akan terasa berbeda dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Nah, 3 jenis amalan puasa di atas, bisa  kita coba terapkan dalam kehidupan sehari-haari, sehingga mampu memberik keberkahan dalam hidup. Hidup berkah dan di ridhoi Allah, bukankah itu yang kita perlukan? (end)

#Bloggerperempuan
#BPN30dayRamadhanBlogChallenge
#30HariKebaikanBPN
$Day19

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: