Mudik

5 Tips Cerdas Agar Mudik Tak Hanya Sekedar Mimpi. Di Indonesia, lebaran selalu identik dengan mudik. Jauh-jauh hari orang sudah berburu tiket, baik tiket kereta, tiket bus ataupun tiket pesawat, semuanya agar mendapatkan tiket, sukur-sukur mendapatkannya dengan harga  murah. Tentu kita semua tahu, season peak seperti lebaran ini semua harga tiket akan melambung tinggi, berkali-kali lipat nilainya dari pada hari biasa. Terlebih sekarang ini harga tiket memang lumayan mahal di hari biasa, belum lagi bagasi yang harus bayar lagi.

Merunut tradisi mudik yang ternyata hanya ada di Indonesia dan dilakukan oleh orang-orang Indonesia, sebenarnya bagaimana asal muasalnya sehingga pemandang mudik yang selalu dihiasi dengan kemacetan panjang, konvoi motor, dan lain sebagainya sebagai sesuatu yang lumrah dan mungkin dibilang indah? Mudik yang biasanya dilakukan oleh perantau untuk kembali ke kampung halaman ini asal muasalk sebenarny dari bahasa jawa yaitu “mulih dilik” alias pulang sebentar. Memang mudik biasanya hanya menghabiskan jatah cuti atau liburan yang dimiliki.

Saya sendiri yang sudah merantau sejak tahun 1997, belum pernah benat-benar mudik pas hari raya idul fitri. Alasannya bukan karena tidak kangen rumah, tetapi biaya yang tidak sedikit. Entahlah, saya sendiri mikir, kemana saja gaji buruh selama saya bekerja. Kenapa tidak pernah nyanthol  dan akhirnya bisa menggunung dan bisa digunakan untuk mudik lebaran?

Nah, berikut nih beberapa tips agar kamu bisa mudik dengan bahagia, tidak seperti saya yang jarang mudik:

#1 Rencanakan

Ini yang paling penting, merencanakan mudik. Apakah setiap lebaran harus mudik atau per dua tahun sekali. Kita yang tahu diri kita sendiri. Seperti saya mungkin yang pernah kerja di PMA, biasanya gampang-gampang susah untuk ijin cuti pas lebaran. Perhitungkan juga jumlah cuti yang dimiliki, juga jarak yang pastinya mementukan biaya perjalanan yang dikeluarkan.

#2 Siapkan Dana

Setelah menentukan kapan saat mudik, danapun harus disiapkan. Kita sendiri sudah tahu dong, jumlah gaji dan juga rata-rata pengeluaran setiap bulannya (bagi karyawan kantoran). Kita pun tahu, rata-rata harga tiket saat lebaran. Nah, dari sini, kalau kita memang sudah komit mau mudik, sudah punya perhitungan dana yang harus disisihkan untuk mudik. Sisihkan sedikit demi sedikit setiap bulannya, hingga saat mudik ada uang saku berlebih untuk bisa membahagiakan orang tua dan saudara.

#3 Pilih Transportasi yang Aman dan Nyaman

Bagi kita yang tidak suka melawan kemacetan, tentu pesawat ataupun kereta api bisa jadi pilihan. Dari sini tentu kita sudah tahu kira-kira berapa harga tiketnya. Kereta api ada pilihan, kelas ekonomi,, bisnis ataupun eksekutif. Semuanya tentu memiliki tariff yang berbeda satu sama lain. Begitu juga dengan bus dan pesawat. Hanya saja jika memilih transportasi bus, kita harus bersiap menghadapi kemacetan panjang yang bisa memakan waktu berhari-hari.

#4 Jangan Membawa Barang Berlebihan

Bisa jadi kita ingin menunjukkan kepada saudara di kampung halaman akan kesuksesan kita, kemudian membawa banyak barang bawaan yang kita sendiri tak mampu membawanya (membutuhkan pertolongan orang lain/porter). Nggak masalah sih, hanya saja saat lebaran di mana jutaan manusia berada di perjalanan, yang membuat sesak, barang bawaan kita yang berlebihan akan membuat kita susah bergerak atau justru akan hilang karena diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

#5 Ucapkan Niat awal Mudik

Ucapkan kembali niat awal mudik bahwa ingin kembali menyambung silaturahmi dengan sanak saudara, memohon ampun kepada kedua orangtua. Sehingga semoga dengan niat itu, kita dimudahkan dan diberi keselamatan selama perjalanan.

Nah, bagaimana dengan teman-teman sendiri yang merantau? Apakah lebaran kali ini mudik?

#BloggerPerempuan
#3oHariKebaikanBPN
#BPN30DayRamadhanBlogChallenge
#Day18


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

Sakinah Annisa Mariz · 28 May 2019 at 13:06

Tips keempat ini mbak, aku tuh susah banget milih barang yang penting dan yang diinginkan. Rasanya waktu packing cuma sedikit, tapi eh pas dibawa kok jadi banyak yaa.haha. Belum lagi ternyata sesampai di tempat tujuan ternyata barang itu tak dibutuhkan. Kezeel. Perlu banget baca tips ini dulu sebelum mudik ya mbak

Wiwid Nurwidayati · 28 May 2019 at 23:28

hahahaha..iya ya..mungkin wanita begitu, takut nanti pas di kampung butuh jadinya semua terasa penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published.