Spread the love

Apa Saja yang Dirindukan Saat Diam Dirumah? Meski tidak ada rasa bosan saat terus “dipaksa” #diamdirumah, tetapi tetap saja ada hal-hal yang saya rindukan. Pastinya kamu juga merasakan hal yang sama kan? Apalagi bulan Ramadan seperti ini, jalanan yang biasanya ramai, malam-malam yang tetap terasa hidup, kini kembali sunyi.

Tidak mengapa memang, jika itu untuk kebaikan. Tetapi tidak dipungkiri terkadang rindu menyelusup akan aktivitas rutin yang pernah dilalui beberapa waktu lalu sebelum Covid19 menyerang.

Aktivitas yang Dirindukan

Meskipun saya orang rumahan, dimana sebagian besar waktu saya habiskan di rumah, tetapi ada jadwal-jadwal tertentu yang saya harus habiskan diluar untuk mencari ilmu ataupun kegiatan sosial. Hal-hal yang saya rindukan antara lain:

1. Belajar Alquran di TPQ

yang Dirindukan Belajar Alquran
Belajar Alquran

Terakhir kali sebelum Covid19 datang, kami seharusnya sudah ujian untuk kenaikan tingkat, dan sepertinya hal itu harus diundur karena sekarangpun guru mengaji sudha pulang ke kampung halaman. Tetapi nanti akan ada guru pengganti. 2 bulan tak ada guru yang menyimak bacaan Alquran saya, Saya rindu situasi ini. Mengeja kalamnya satu demi satu, dan yang paling seneng bertemu dengan teman-teman satu kelas.

2. Pengajian Rutin Taklim

Kegiatan yang dilakukan setiap dua minggu sekali ini juga membuat rindu. Terkadadng kami mengundang ustadz untuk mengisi tausiyah atau cukup pembacaan yasiin seuati permintaan tuan rumah. Rasanya ada sesuatu yang kurang, meski saya bisa mencari ilmu lewat youtube. Tetap saja ada yang kurang. Sudah berapa lama ini berlalu?

Yang Dirindukan Belajar bersama
Belajar Bersama

3. Pengajian Minggu Pagi

Pengajian ini bertempat di masjid yang berada di komplek saya. Masjid Al Mujahidin. Setiap minggu pagi ba’da shalat subuh diadakan pengajian kitab kuning. Yang membuat terkesan adalah, temen-temen saya ngaji adalah ibu-ibu yang sudah uzur, seusia ibu saya, meski ada beberapa yang seusia saya. Bersama mereka saya jadi bertambah saudara dan ilmu, Biasanya juga, setelah pengajian kami menyantap kudapan yang disajikan pengurus masjid. Alhamdulillah ilmu dapat, saudara dapat, rezzeki makanan pun dapat.

4. Pengajian Istigotsah dan Khotmil Quran

Kalau pengajian ini selalu diadakan setiap kamis malam alias malam Jumat. Tempat diadakannya selalu berganti-ganti. Jika tidak di masjid, ya di tempat ibu-ibu yang memintanya sebagi shohibul hajat. Kegiatan ini diisi dengan acara khotmil quran, setiap jamaah yang datang membaca 1 – 2 juz. setelahnya dilanjutkan dzikir, tahlil, dan doa istigotsah. Hal ini berakhir sekitar pukul 10 malam.

5. Antar Jemput Anak Sekolah

Belajar di rumah secara online, itu yang diterapkan sejak covid19 mengganas di muka bumi ini. Sehingga hampir 2 bulan lebih ini, motor tua saya lebih banyak menganggur. Saya rindu melihat anak-anak keluar dari pintu gerbang, rindu bertemu dengan beberapa wali murid lainnya, rindu membawakan mereka bekal, rindu kericuhan dipagi hari yang meski terkadang membuat saya naik darah, tapi tetap membuat saya kangen.

Bagaimana dengan teman-teman? Kegiatan apa yang teman-teman rindukan setelah begitu lama lebih banyak #diamdirumah?

#Day14
#BPNRamadan2020
#Diamdirumah
#BPN30DayRamadanBlogChallenge


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: