Gejala Kanker payudara
Lifestyle

Awas! Segera Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Awas! Segera Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium Awal. Kanker payudara, umumnya masih menjadi momok yang menakutkan bagi para wanita. Pasalnya, penyakit ini memang sangat berbahaya dan belum ditemukan obat penawarnya. Oleh sebab itu, kini para pakar kesehatan sangat gencar untuk mempromosikan gerakan pemeriksaan payudara sejak dini. Hal ini bertujuan untuk mengenali sebab apa saja ciri-ciri dari gejala kanker payudara pada stadium awal. Adapun penjelasannya seperti pada tulisan di bawah ini, selamat membaca!

Apa Yang Dimaksud Dengan Gejala Kanker Stadium Awal?

Gejala kanker stadium awal dikenal pula dengan istilah gejala kanker stadium satu, sebab gejala kanker ini merupakan stadium lanjutan dari stadium nol. Pada stadium awal ini, ciri-ciri kanker payudara sudah mulai dapat diamati. Selain itu, sel-sel kanker pada pusat tempat munculnya kanker juga sudah mulai berkembang, dan membesar hingga tidak lebih dari 5 cm di atas permukaan payudara.

Baca Juga : 6 Gejala Tipes yang Harus Diwaspadai

Oleh sebab itu, seharusnya jika ciri-ciri kanker payudara stadium awal ini sudah mulai muncul, segeralah periksakan secara klinis agar sel-sel kanker tersebut tidak menyebar lebih luas dan kanker payudara dapat dicegah sejak dini.

Kanker payudara
Image by marijana1 from Pixabay 

Ciri-Ciri Dan Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Nah, adapun gejala-gejala kanker stadium awal ini dapat kita kenali dengan ciri-ciri berikut, di antaranya adalah:

  • Terdapat perubahan ukuran, bentuk, dan warna pada payudara.
  • Puting payudara mengalami perubahan bentuk.
  • Timbul rasa sakit pada payudara dalam kurun waktu yang cukup lama hingga di luar masa haid.
  • Keluarnya cairan berwana bening, kuning, atau cokelat dari bagian puting.
  • Timbul bengkak dan bercak kemerah-merahan pada puting tanpa sebab.
  • Terdapat bengkak di daerah ketiak karena pembesaran kelenjar getah bening.
  • Urat-urat di bagian payudara nampak terlihat dengan jelas karena munculnya pembuluh darah vena.

Dari beberapa ciri-ciri gejala kanker payudara stadium awal tersebut, jika anda sudah merasakan atau mendengar keluhan dari keluarga, saudara, atau kerabat dekat anda, periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Dan perlu anda ingat, bahwa penyebaran sel-sel kanker akan lebih cepat menyebar jika anda tetap mempraktikkan pola hidup yang tidak sehat.

Pencegahan Terhadap Terjadinya Kanker Payudara

Kanker payudara beberapa penyebabnya dikarenakan oleh jenis kelamin, faktor usia, riwayat medis dalam keluarga, kebiasaan di suku tertentu, dan gaya hidup. Dengan demikian, seharusnya kita mulai sadari untuk rutin mengecek kondisi payudara dalam setiap bulan, terutama bagi anda yang memang memiliki riwayat dalam keluarga dan para wanita. Tentunya, secara tidak langsung faktor genetik akan sangat mempengaruhi kondisi tiap-tiap orang. Selain itu, hormon-hormon yang terdapat pada wanita juga lebih memicu peningkatan sel kanker dalam tubuh.

Kehadiran kanker payudara ini tentu tidak bisa dihindari jika kita tidak bisa menjaga pola hidup sehat dan tidak menyadari akan gejala-gejala yang mengindikasikan adanya kanker payudara. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi kita untuk menjaga pola hidup agar lebih sehat dan segera kenali gejala kanker payudara stadium awal sejak dini.

Mari kita jaga kesehatan diri dan keluarga lebih maksimal. Anda dapat menyisihkan sedikit tabungan anda untuk asuransi kesehatan anda dan keluarga. Ingat kesehatan adalah prioritas utama untuk dapat menjalani kehidupan. Segeralah daftarkan diri anda melalui program asuransi kesehatan di website cekaja.com. Platform ini menyajikan berbagai kebutuhan hidup anda, termasuk pula terkait informasi-informasi kesehatan terkini. Mungkin artikel berikut juga bisa menjadi tambahan referensi mengenal kanker payudara secara dini https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/ Tetap semangat untuk hidup sehat!

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: