Tips Agar tidak kalap Saat Belanja Online

Awas Terjerat Promo Belanja Online. Siapa yang tidak tergiur dengan harga promo yang ditawarkan oleh pedagang? Siapapun tentu tergiur dengan harga murah yang mereka tawarkan, apalagi jika barang tersebut cantik menggoda serasa ingin dimiliki.

Seperti sekarang ini, 6 hari sudah Ramadhan berlalu, berarti kurang lebih 3 minggu lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tentunya banyak merchant atau toko online yang menbambil kesempatan ini untuk menawarkan berbagai promosi. Bahkan berbagai macam promosi dari merchant-merchant tersebut begitu gencar ditawarkan jauh sebelum bulan Ramadhan datang. Berbagai penawaran menarik diluncurkan seperti diskon harga besar-besaran, gratis ongkos kirim, tentu saja semuanya ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Saat ini memang godaan itu begitu dekat, jika dulu kita hanya tergiur pesta diskon dari swalayan besar di mall-mall, kini godaan itu ada di gawai kita, di ujung jemari ini.

Saya sendiri jarang sekali tergoda untuk belanja membabi buta karena tergiur dengan tawaran harga murah. Selain jatah belanja kebutuhan sekunder itu sedikit, saya juga lebih mementingkan kebutuhan anak-anak.

Namun, bagi teman-teman yang memang sedang membutuhkan barang tertentu dan kebetulan ada di dalam list promo, boleh-boleh saja belanja. Tetapi untuk menghindari  “kalap”, karena biasanya godaan untuk klik-klik barang lainnya juga begitu besar, perlu diingat beberapa point berikut ini:

Tips agar tidak terjerat Promo Belanja Online

www.pexels.com

#1 Jangan Memakai Uang Belanja Bulanan

Bagi yang biasanya dikasih jatah belanja bulanan oleh Pak Suami, jangan pernah coba-coba memakai uang belanja bulanan kebutuhan pokok untuk memenuhi keinginan belanja barang promo. Jika pak suami tidak tahu, dan uang belanja habis ketika belum masanya, bisa menjadi awal percekcokan rumah tangga. Nah, jika memang mau  belanja barang promo memakai uang belanja bulanan terlebih dahulu meminta izin sama pak suami ya. Kalau beliau rela, pastinya saat uang belanja habis belum waktunya akan diganti dan percekcokan pun terhindarkan.

#2 Pilah-pilah antara Keinginan VS Kebutuhan

 Saat melihat harga-harga promo yang tertera di bawah barang, kita berdecak kagum dan berfikir bahwa, “untung banget ini.” Padahal pada kenyataanya barang-barang yang kita lihat itu bukanlah barang yang benar-benar kita butuhkan. Jadi pikirkan lagi saat tergoda dengan harga murah, apakah barang itu memang benar-benar kita butuhkan atau hanya sekedar ingin memilikinya.

#3 Pilih Toko yang Benar-Benar di Percaya

Toko online biasanya hanya bermodalkan gambar dan testimoni dari pelanggan untuk menarik pembeli. Dan jika kita memang membutuhkan barang tersebut  alangkah lebih baiknya agar lebih percaya coba baca testimoni dari pelanggan yang sudah pernah membeli di sana. Bisa juga melihat star untuk toko tersebut. Meski testimoni dan star tidak menjamin 100% kepuasan pembeli, tetapi 2 hal itu bisa dipakai sebagai tolok ukur kualitas barang yang dijual, dan kemungkinan besar kita terhindar dari penipuan.

Nah, 3 tips di atas semoga bermanfaat bagi pembaca yang suka tergoda dengan promo belanja online. Selamat berbelanja! (end)

#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN
#30DayRamadhanBlogChallenge
#PromoBelanjaOnline
#Day6


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: