Resep Nasi Goreng Sederhana
Food and Travel

Resep Nasi Goreng Sederhana, Menu Idola Keluarga

Resep Nasi Goreng Sederhana

Resep Nasi Goreng Sederhana, Menu Idola Keluarga. Siapa yang tidak kenal masakan bernama nasi goreng? Saya yakin hampir semua orang di pelosok negeri ini mengenalnya. Nasi goreng seperti masakan pribumi yang sudah sangat melekat di lidah masayarakat kita. Nasi goreng sangat menggiurkan karena selain bahannya yang sederhana, olahan nasi goreng selalu terasa nikmat di indra pencecap kita, harganya juga tidak mahal jika kita membelinya di warung makan.

Tapi nasi goreng yang legendaris di Indonesia ini ternyata bukan berasal dari Indonesia loh. Masakan nasi goreng ini sebenarnya adalah makanan bawaan dari negeri tirai bambu yang sudah ada sejak 4000 tahun sebelum masehi.  Awal mula terciptanya nasi goreng karena kecenderungan masyarakat cina yang sayang membuang nasi sisa. Lalu mereka mengolahnya dengan tambahan bumbu dan bahan pelengkap sehingga membuat  nasi goreng menjadi lezat untuk disantap. Seperti sekarang ini nasi goreng bisa dinikmati dengan berbagai nama  sesuai dengan bahan pelengkapnya. Misalkan nasi goreng seafood, nasi goreng pete, nasi goreng spesial dan lain sebagainya. Lalu pada abad ke-10, masayarakat Tionghoa mulai menyebar di Indonesia dan membawa menu nasi goreng ini hingga dikenal dengan baik oleh masyarakat pribumi.

Sebegitu legendarisnya nasi goreng, saya sendiri sering terheran-heran dengan selera paksu dan anak-anak, pasalnya ketika kami sedang makan di luar, pesanan mereka nyaris sama. Nasi Goreng. Duh…duh,  saya sering protes dan mengatakan bahwa untuk apa jauh-jauh makan di luar rumah kalau pesanannya “hanya” nasi goreng. Mereka bilang sih daripada ayam ya mending nasi goreng.

Saya hanya mengangguk pasrah. Rasanya nasi goreng yang mereka beli sama dengan yang saya masak di rumah. Tapi ya biarlah, asal mereka senang dan menikmatinya.  Saya sendiri tentu saja pilihannya berbeda. Pokoknya bukan nasi goreng.

Saya biasa masak 2 jenis nasi goreng, satu jenis kesukaan pak suami dan satu jenis kesukaan anak-anak.

Berikut nih, resep nasi goreng kesukaan paksu

Nasi Goreng Putih

Bahan-Bahan:

  1. 1 piring nasi putih
  2. 2 buah cabai rawit, iris tipis bulat-bulat
  3. 2 buah bawang merah, iris tipis
  4. Garam secukupnya
  5. 1 butir telur

Cara Memasak:

  1. Goreng telur mata sapi
  2. Tumis bawang merah lalu cabe rawit
  3. Setelah harum masukkan nasi, aduk-aduk, masukkan garam, dan penyedap rasa. Aduk-aduk dan cicip. Nasi goreng siap di santap dengan telur mata sapi.
Resep Nasi Goreng Sederhana
Sumber Gambar : www.pexels.com

Nasi Goreng Spesial untuk Anak-Anak

Bahan-bahan:

  1. 3 piring nasi putih
  2. Bakso sapi atau bakso ayam, potong tipis atau potong kecil-kecil
  3. 3 butir telur
  4. 4 bawang merah
  5. 2 cabai merah
  6. Garam secukupnya
  7. Satu sendok kecap manis
  8. Bumbu instant nasi goreng
  9. Bawang goreng

Cara memasak:

  1. Goreng 3 telur menjadi telur mata sapi, sisihkan
  2. Haluskan garam, bawang merah dan cabe merah
  3. Tumis bakso, sisihkan
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan nasi putih, aduk hingga bumbu merata.
  5. Tuang bumbu instant nasi goreng, aduk rata
  6. Tuang kecap manis, aduk rata
  7. Masukkan potongan bakso yang sudah di tumis
  8. Aduk-aduk nasi goreng, cicipi, jika sudah tercampur rata dan rasanya pas, angkat.
  9. Sajikan dengan telur mata sapi

Nasi goreng bisa disantap kapan saja, buka puasa ataupun saat sahur. Jadi jika kita sedang bosan dengan menu yang biasa disantap, kita bisa mencoba resep nasi goreng. Untuk bahan pelengkap silahkan tambahkan sesuai dengan selera kamu. Nasi goreng bisa kok ditambah sotong, udang, sosis, teri, ikan asin, jengkol ataupun pete. Semua silahkan tentukan sesuai dengan seleramu. Selamat menjalankan ibadah puasa. (end)

#30hariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#30DayRamadhanBlogChallenge
#Day5

 

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

  • lisa lestari

    Duh, koyok anakku nomor 2. Kalau pergi pesennya nasi goreng. Padahal hampir tiap pagi minta sarapan sama nasi goreng. Hadeehh, ternyata sama ya anak kita. Aku juga suka bilang gitu ke mbak. Jauh-jauh mosok pesennya nasgor lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: