5 Cara Menulis Artikel yang Menarik
Blogging & Writing

Cara Menulis Artikel yang Menarik Bagi Pengunjung Blog

5 Cara Menulis Artikel yang Menarik
Cara Menulis Artikel yang Menarik

“Menulislah dan biarkan tulisanmu menemukan takdirnya” (Buya Hamka)

Cara Membuat Artikel yang Menarik Untuk Pengunjung Blog.Saya percaya dengan kalimat yang disampaikan buya hamka di atas, bahwa kelak tulisan yang kita abadikan dalam sebuah buku, status di medsos ataupun blog akan menemukan takdirnya sendiri. Paling tidak menemukan takdir pembacanya sendiri.

Ketika zaman sekarang telah berganti karena tekhnologi telah mempermudah banyak aspek kehidupan, hingga profesi orangpun telah berkembang dengan pesat. Seperti tumbuh pesatnya penulis-penulis baru yang menekuni dunia blogging, menawarkan aneka ragam tulisan yang dari pengalaman-pengalaman hidup mereka.

Dari lahirnya para narablog dalam membangun blognya, yang kini banyak  dilirik oleh oleh berbagai pihak untuk menaikkan brand mereka. Bisa melalui blog placement ataupun berbagai lomba dengan jenis hadiah beraneka ragam, dari yang murah hingga mobil harga jutaan rupiah.

Lalu bagaimana caranya agar pihak-pihak yang ingin menaikkan brandnya itu melirik blog kita untuk menempatkan tulisannya di sana? Tentu saja kita harus membuat artikel atau content tulisan yang menarik bagi pengunjung. Bagaimana caranya?

Banyak cara agar content blog kita menarik untuk pengunjung, dan ini mengingatkan saya kepada pemenang lomba-lomba blog atau beberapa tulisan blog placement. Saya mencoba belajar dari tulisan-tulisan yang memenangkan berbagai macam perlombaan. Lalu kemudian saya mencoba membandingkan dengn tulisan-tulisan saya di blog dan akhirnya menemukan di mana letak kelebihan tulisan yang mampu menjadi juara di antara sekian ratus tulisan.

Nah, beberapa hal dibawah bisa membuat tulisan kita menarik untuk dibaca oleh pengunjung blog

#1 Penulis Tahu Apa yang Akan Dituliskan

Ketika penulis paham apa yang dituliskan, maka tulisan itu akan terasa mengalir dengan sendirinya. Pembaca pun akan merasa senang dan bisa merasakan atau memahami isi dari apa yang dituliskan. Penulis juga mampu menghadirkn plot dan alur yang juga terasa runut sehingga pembaca bisa memahami dengan baik dan tidak terasa telah menyelesaikan membaca tulisan tersebut.

#2 Menulis Sesuai dengan Kriteria Penulisan Artikel

Banyak penulis pemula yang bingung saat ingin memulai menuliskan tulisannya, meski pada dasarnya ide dan kronologis cerita telah ada dan mengalir di kepala. Mungkin tidak ada salahnya penulis memahami dan mengikuti struktur penulisan artikel yang benar.

Dari salah satu tempat belajar menulis artikel #BNA bersama Wildan Fuady, saya mendapatkan pengetahuan baru tentang struktur penulisan artikel yang benar yaitu

  • Opening, opening bisa dimulai dengan sebuah kalimat pertanyaan, quote dan kemudian pengantar untuk masuk ke materi inti tulisan
  • Body, body berisi argument dari pokok bahasan, kemudian tuliskan sebuah story atau cerita yang bisa menguatkan atau mendukung cerita. Lalu buatlah perumpamaan dari kisah yang dituliskan
  • Closing, Closing atau penutup dari artikel bisa diii dengan pesan atau amanat inti tulisan, hikmah atau ajakan untuk melakukan hal-hal yang telah dianjurkan dalam tulisan. Bisa juga ditambahkan dampat positif maupun dampak negative jika pembaca tidak mengikuti pesan dari tulisan artikel tersebut.

#3 Tambahkan Infografis yang Menarik dan Sesuai dengan Tema Tulisan

Banyak aplikasi gratis yang ditawarkan agar kita bisa menghasilkan infografis yang menarik dari tangan kita sendiri. Beberapa aplikasi yang bisa dipakai adalah canva, photoscape dan pixellab. Namun jika tidak bisa  ataupun tidak sempat untuk membuat infografis sendiri, sekarang banyak situs-situs yang menyediakan gambar-gambar menarik untuk bisa didownload kemudian ditampilkan di dalam blog kita sebagai penunjang tulisan. Beberapa diantaranya adalah pexel.com, pixabay.com. unsplash.com dan freepik.com.  Masuk ke salah satu situs tersebut kemudian masukan kata kunci di kolom “search” dan kita tinggal memilih gambar yang pas untuk mempercantik tulisan di blog hingga terlihat menarik.

#4 Tulis Hal-Hal yang Sedang Menjadi Trending Topic

Menelusuri hal-hal yang menjadi pembicaraan banyak orang sepertinya sudah lazim bagi hampir semua orang. Kita bisa menuliskan sebuah artikel dari hal-hal yang sedang menjadi bahan pembicaraan tersebut dengan gaya bahasa dan sudut pandang kita sendiri, sehingga terkesan tidak meniru tulisan orang lain.

#5 Unik dan Mempunyai Nilai Lebih

Saya pernah membaca tulisan salah satu pemenang lomba menulis review sebuah produk. Di salah satu tulisannya yang lain, pemenang tersebut mengataan bahwa dia pernah membaca tulisan salah satu peserta lomba yang lainnya dan mengatakan bahwa tulisannya sangat kaku dan benar-benar hanyalah sebuah review yang tentu saja itu bisa didapatkan saat kita browsing di laman Google. Saya setuju, setelah membaca tulisan pemenang-pemenang lomba tersebut dan kemudian menyimpulkan bahwa tulisan mereka unik dan memiliki suatu nilai lebih yakni setelah membacanya kita seperti mendapatkan suatu pencerahan dan pikiran seperti terbuka lebar-lebar.

Nah, 5 cara diatas bisa dilakukan untuk mendapatkan tulisan yang menarik bagi pengunjung blog. Namun saya pribadi sadar jika tidak mudah untuk menghasilkannya selain kita hanya perlu terus menulis, membaca,membaca, membaca an terus menulis.(end)

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

6 Comments

  • Reyne Raea (Rey)

    Saya masih belajar banyak nih tentang menulis artikel yang menarik, selama ini saya ya menulis aja.
    Gak peduli materinya bagus atau enggak hahaha

    Tapi kalau ingin mendapatkan uang dari blog, mau ga mau kita harus menjadikan pembaca sebagai bos, atau kita paksa mereka baca karena kita hehehe

    Yang infografis tuh masih harus terus saya pelajari

  • JamesHieks

    We offer you the opportunity to advertise your products and services.
    Dear Sir / Madam Look at an amazing offers for you. I can help you with sending your commercial offers or messages through feedback forms. The advantage of this method is that the messages sent through the feedback forms are included in the white list. This method increases the chance that your message will be read. The same way as you received this message.

    Sending via Feedback Forms to any domain zones of the world. (more than 1000 domain zones.).
    The cost of sending 1 million messages for any domain zone of the world is $ 49 instead of $ 99.
    Domain zone .com – (12 million messages sent) – $399 instead of $699
    All domain zones in Europe- (8 million messages sent) – $ 299 instead of $599
    All sites in the world (25 million messages sent) – $499 instead of $999
    Domain zone .de – (2 million messages sent) – $99 instead of $199
    Domain zone .uk – (1.5 million messages sent) – $69 instead of $139
    Domain zone .nl – (700 000 sent messages) – $39 instead of $79

    In the process of sending messages, we do not violate the rules of GDRP.
    Discounts are valid until March 25.

    Contact us.
    Telegram – @FeedbackFormEU
    Skype – FeedbackForm2019
    Email – FeedbackForm2019@gmail.com

    It’s time to finish.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: