>
Cara mudah bebas hutang
Finance / Lifestyle

Cara Mudah Bebas Hutang, Jangan Lupa Bayarnya!

Cara Mudah Bebas Hutang, Jangan Lupa Bayarnya. Mungkin kita sering menemukan oranglain yang meminjam uang dan begitu mudahnya melupakan. Jikalaupun kita yang tidak mengalaminya, bisa jadi sahabat ataupun saudara kita yang mengalaminya. Memberi hutang atau kredit kepada orang lain memang harus bermental baja atau harus ikhlas lillahita’ala. Di awal meminjamkan memang dianjurkan kita mengikhlaskan jika nanti tidak kembali. Tetapi tidak mudah ya kan, tidak semua orang bisa berniat seperti itu.

Saya juga pernah mengalami hal ini. Penghutang meninggalkan kami tanpa ada kata-kata. Saya dan Pak su percayanya sih karena dia udah akrab sama kami. Padahal duit yang dipinjamkan mau dipakai. Ketika janjinya dia mau balikin jatuh tempo dia beralasan sedang keluar kota. Lalu beberapa hari kemudian saat ditanya lagi, dia bilang ATMnya tertelan mesin. Karena kami benar-benar butuh duitnya karena nilainya lumayan besar, beberapa hari kami mencoba menanyakannya lagi. Eh dia bilang, KTPnya bukan KTP Batam jadi nggak bisa menarik uang secara manual di teller.

Sebenarnya sih kami sudah nggak percaya saat dia berkata ATMnya tertelan mesin. Alasannya seperti anak kecil banget. Tapi kami masih posthink aja, mungkin memang dia lagi apes. Eh pas dia bilang KTPnya ditolak karena bukan KTP Batam, nah beneran deh nethink kami keluar. Beneran nipu nih dianya.

Cara mudah bebas hutang

Memang gelagat tak baik itu sudah terlihat sejak di awal pinjam. Dia tidak pernah ada inisiatif sedikitpun menghubungi kami hingga kini. Alasan-alasannya di atas itu bagi kami sebenarnya terasa nggak masuk akal. Dia sudah tinggal lama di Batam, 20 tahun lebih masak iya nggak punya KTP Batam. Kalau seperti ini bagaimana cara dia mengurus surat-surat anaknya, pastinya nggak mudah loh. Tapi yo sudahlahlah, semuanya jadi pelajaran. Saya juga harus belajar ikhlas.

Hutang memang sering membuat dilema. Dari beberapa cerita dan apa yang saya alami, juga mungkin meme-meme yang pernah saya lihat, banyak orang yang begitu meremehkan hutang. Padahal hutang itu akan ditagih hingga kita mati. Hal pertama yang harus diselesaikan ahli waris setelah kita mati adalah melunasi hutang-hutangnya. Bagaimana kalau hutang-hutang yang kita lupakan itu ditagih diakhirat nanti sama pemiliknya?

Saya menulis begini bukan berarti kami nggak punya hutang. Namun, dari kejadian ini saya bisa mengambil kesimpulan, usahakan sebisa mungkin kita menghindari berhutang. Saya sendiri merasa nggak tenang kalau masih memiliki hutang.

Cara Mudah Bebas Hutang

1. Merencanakan Pengeluaran

Kita sudah tahu apa saja kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder. Berapa pendapatan dan pengeluaran. Pastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan.

2. Belilah Sesuatu yang Hanya Dibutuhkan

Karena mudahnya kredit atau kemudahan berhutang dengan KTA atau kartu kredit ataupun pinjaman online lainnya, biasanya banyak orang akan bertindak konsumtif. Usahakan jangan membeli sesuatu hanya karea keinginan ataupun gengsi, karena jika seperti ini berapapun pendapatan yang kita terima tidak akan mencukupi.

3. Memiliki Pekerjaan Sampingan

Saat ini banyak ornag menawarkan pekerjaan sampingan, baik online maupun secara langsung. Pilih yang sesuai dengan hobi dan kemampuan kita. Seratus ribu atau berapapun itu bisa menambah pundi-pundi uang kita atau bisa mengisi celengan.

4. Teruslah Berusaha dan Berdoa

Jika tetap menghadapi kesulitan finansial, teruslah berusaha dan berdoa. Andaikan jalan satu-satunya harus berhutang, pinjamlah ke seseorang dengan resiko minimalis. Tetaplah berkomunikasi dengan baik dengan pemberi kredit, laporkan segala kendala kita, insyaAllah ada jalan yang terbaik bagi kita.

Sekali lagi jangan mencoba untuk melupakan hutang ya. Selesikan kewajiban kita sebelum ajal menjemput. Semoga kita selalu diberi kemudahan rezeki sehingga bisa terbebas dari hutang, dan bisa membantu orang. Aamiin. (end)

#Tema tulisan 1 Minggu 1 Cerita “lupa”

Author

wiwid.nurwidayati80@gmail.com
Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: