Spread the love

Covid19 dan Hikmah yang Dibawanya. Si Corona masih menjadi perbincangan utama hingga hari ini. Dampak yang dibawanya terasa begitu nyata. Rasa perih, kecewa, takut, sedih di hati, semua bercampur menjadi satu.

Kita bisa melihat ataupun mendengar berita di layar kaca atau di emdia lainnya, jika satu persatu ODP meninggal dunia. Penderita terus meningkat. Penderita poitif Covid19 kemudian diasingkan, dan bisa jadi dalam wkatu singkat harus mengiklaskan diri dipanggil oleh Allah SWT tanpa diiringi ratusan pelayat. Dikubur mengikuti prosedur penderita Covid19. Siapa yang tak miris menyaksikan pemandangan begini setiap hari?

Covid19 telah teroris, dia telah memberi dampak ketakutan yang begitu akut kepada hampir sebagian besar penduduk di dunia. Namun, apakah kita mengingat siapa yang memerintahkan mahluk tak kasat mata berukuran nano itu menyisip di dalam tubuh kita? Tiada lain dan tak bukan Dialah Allah Yang Maha Kuasa, Pemilik Alam Semesta.

Jika kita pernh mengkaji Alquran, Allah telah memberikan peingatan kepadanya bahwa Dia kelak akan meurunkan sebuah ujian ketakutan. Bunyi firman-Nya dalam QS AlBaqarah ayat 155 – 157 yang artinya:

Qs AlBaqarah ayat 155 :”Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan dan kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.”

QS AlBaqarah ayat 156 :”(yaitu) ornag-orang yang apabila ditimpa musibah akan mengucapkan,”innalillahi wainna ilaihi raajiun(sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)

Qs AlBaqarah ayat 157:”Merekalah yang mendapatkan ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk.

Jadi sudah jelas bahwa apa yang terjadi di alam ini adalah atas perintah-Nya. Begitu juga mahluk yang tak kasat mata ini menyusup dalam tubuh kita hingga malaikat Izrail menjemput atau mungkin sembuh adalah semata karena kuasa-Nya. Rasa ketakutan yang ada karenanya juga memang ujian dari Allah. Allah hanya meminta kepada kita untuk tetap sabar saat menghadapinya, niscaya Dia akan memberikan surga-Nya kepada kita.

Covid 19
unsplash.com

Meskipun Allah memberikan ujian tetapi dia pasti memberikan jalan seperti firmannya dalam suarat Al Insyirah bahwa dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

Hikmah yang Dibawa Covid19

1. Kita Mahluk yang Tak Berdaya

Makhluk kecil berukuran nano yang menyerang puluhan ribu manusia di dunia membuktikan bahwa kita ini makhluk yang tidak berdaya. Kita hanya makhluk lemah yang membutuhkan uluran tangan dari-Nya mahluk yang Maha Kuasa. Jadi sebagai mahluk yang bergantung kepada dzat yang Maha, sudah seharusnya kita kembali ke jalan-Nya.

2. Jangan Sombong

Sebagai mahluk yang tak berdaya yang ternyata kalah dengan makluk nano, apa kita masih pantas untuk bersikap sombong?

3. Meningkatkan Keyakinan kepada Allah

Adanya Covid19 kita akhirnya memiliki keyakinan yang lebih kuat dari biasanya bahwa virus ini kelak akan musnah karena kuasa-Nya. Allah jualah yang kelak akan memberikan penawar dari setiap ujian yang sedang dibentangkan di depan kita.

4. Lebih Kreatif

Dengan segala keterbatasan yang ada, otak kita akhirnya berfikir keras untuk memecahkan masalah dan akhirnya menemukan ide-ide kreatif yang tidak terfikirkan sebelumnya.

5. Pola Hidup yang Lebih Sehat

Anjuran mencuci tangan, adab batuk dan bersin yang benara, memakai masker keluar rumah dan juga berjemur di pagi hari adalah salah satu pola hidup sehat yang muai dilakukan saat covid melanda. Selain itu menjaga makanan yang sehat dan meminum jamu untuk kesehatan mulai rutin dilakukan. Semoga pola ini tetap dilakukan meskipun covid nanti berlalu.

Maka tetap tenang dan yakin bahwa dalam setiap ujian Allah ada hikmah yang mengiringinya. Yang harus kita lakukan adalah tetap berusaha, berdoa dan bertawakal kepada-Nya. (end)

#Day2
#BPN30DayRamadanChallenge
#BPNRamadan2020

Categories: Reflection

Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: