#Dirumahaja Lebaran Tahun 2020 Karena Pandemi Covid-19. Sepertinya lebaran kali ini memang harus legowo. Demi kemaslahatan umat yaitu meminimalisir penyebaran virus corona. Tak ada yang bisa kita lakukan selain berupaya seminimal mungkin beraktivitas di luar rumah, demi tidak terpapar Virus mematikan ini. Jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin, tetapi tetap terkena virus ini, paling tidak kita bisa menerimanya dengan lapang dada. Meskipun sebenarnya sebagai orangtua tidak bisa tetap di rumah sama sekali, ada urusan yang berhubungan dengan kebutuhan domestik yang memerlukan dunia luar.

Hal pertama di pagi hari yang kita lakukan saat lebaran datang adalah tentunya shalat idul fitri. Namun, kondisi di luar sana yang masih belum stabil, keputusan pemerintah sementara ini (khusunya di Batam) yaitu meniadakan shalat ied berjamaah. Seluruh warga dihimbau untuk tetap #dirumahaja melaksanakan shalat ied. Ya, kita harus legowo. meskipun mungkin aparat pengurus masjid dan jajaran RT RW berusaha meminimalisir orang luar untuk masuk. Semuanya hanya demi kebaikan. InsyaAllah niat kita untuk melakukan kebaikan sudah dicatat oleh Allah SWT nilainya sama dengan jika kita melakukanya.

Lalu apa saja yang dilakukan di rumah agar lebaran tetap berkesan?

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Agar Lebaran Tetap Berkesan Walau #DirumahAja

Mengingat kondisi di luar yang masih rentan, dan akhirnya memutuskan untuk tetap #dirumahaja tentu ada sebagian hati yang merasa sedih. tetapi mungkin kita bisa melakukan beberapa hal berikut agar lebaran tetap berkesan.

VideoCall dengan Keluarga Jauh

Kondisi Pandemi yang masih sangat rawan ini, membuat tekhnologi sangat dibutuhkan. Banyaknya aplikasi yang bisa menghubungkan atau melakukan video call dengan banyak orang seperti whatsaap atau zoom, sepertinya mampu membuat kerinduan untuk merayakan lebaran bersama keluarga sedikit terobati.

Menikmati Hidangan Lebaran Bersama Keluarga

Jika biasanya kita menikmati jamuan lebaran bersama tamu-tamu jauh yang datang, saatnya kita nikmati hidangan lebaran yang telah buat dengan keluarga kecil kita.

Bersilaturahmi dengan Tetangga Dekat

Selain untuk mengobati rindu bberkunjung memohon maaf dari satu rumah ke rumah lainnya, alangkah baiknya jika kita mengunjungi tetangga-tetangga terdekat. Karena merekalah sesungguhnya saudara kita. Jika kita mendapatkan musibah atau membutuhkan pertolongan, tetangga dekatlah orang nomor satu yang kita panggil.

Mungkin 3 kegiatan diatas bisa sedikit mengobati rasa sesak di hati karena menghadapi lebaran tidak seperti biasanya. Mari kita terus berdoa agar Covid-19 cepat berlalu. (end)

#Day26
#BPNRamadan2020
#LebarandirumahAja


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.