DiamDirumah
DiamDiRumah Edited by canva

Lakukan 7 Kegiatan Baru Ini agar Tidak Stress Saat #DiamDiRumah. Sudah lebih dari 2 bulan ya kita harus #DiamDiRumah. Stresskah? Nggak bisa jalan-jalan? Ngomong-ngomong sudah kehabisan aktivitas yang menarik saat #DiamDiRumah?

Kalau biasanya kegiatanya bersihin rumah, belajar sama krucil, tidur, masak, mungkin kini harus ada cara lain yang bisa bikin kita menjadi yang berbeda.

Yuk, kita coba beberapa kegiatan yang berbeda ini :

1. Gardening

Sesempit apapun lahan rumah kita pasti masih ada ruang kosong yang bisa kita gunakan untuk menama bunga atau pohon. ApalagiZaman sekarang model vertikal gardening sudah ngetrend dan sangat mudah diaplikasikan.

Salah satu Vertical Gardening yang sudah sering dicoba orang adalah Hydrophonic. Hanya dengan botol aqua bekas ataupun peralon bekas dan air, kita sudam bisa bercocok tanam.

Lebih senang lagi jika kita masih memiliki lahan kosong di halaman rumah. Kita bisa berpeluh ria sambil menamam tanaman. Kalau emmang hanya memiliki sedikit modal, bisa kok minta sama tetangga tanamannya. Tentunya pilih-pilih juga tanaman yang mau kita minta. Jangan yang harganya mahal. Semoga punya tetangga yang baik ya, yang mau berbagi.

2. Menata Ulang Lemari dan Mensorting Pakaian

Tanpa kita sadari banyak baju yang sebenarnya amat jarang kita pakai. Dan saat menyadari bahwa kita memiliki baju tersebut, teryata modelnya sudah nggak up to date lagi. Ujung-ujungnya malas memakainya dan kembali menumpuk di lemari.

Kalau sudah begini merupakan pertanda kalau sudah saatnya kita bongkar lemari. Menata kembali baju-baju sekaligus menyortir baju yang amat jarang terpakai. Mungkin masih banyak teman atau yayasan yang mau menampung baju tersebut. Lebih bermanfaat bukan?

3. Menghafal Alquran (untuk Muslim)

Eits jangan mengeluh dulu klo itu berat. Memang tidak mudah. Tapi kita bisa memulainya dari surat-surat pendek di juz 30. Kalau juz 30 sudah hafal mulai beralih ke juz 29, 28, 27. Begitu seterusnya. Surat-surat di belakang biasanya berisi surat surat dan ayat-ayat pendek.

Saya sendiri juga belum mulai ke sujuz 29, 28 dan seterusnya. Tapi saya mulai mencoba menghafal surat-surat pilihan seperti, Surat Al Waqiah, Surat Sajadah, Surat Ar Rahman. Mungkin Kamu sendiri tahu kemampuan diri dan minat. Sesuaikan dengan kemampuan dan kenyamananmu agar dipermudah oleh Allah menghafal ayat-ayat alquran.

4. Olahraga

Oh, sudah ya. Klo biasnaya kamu mungkin olahraga ringam. bisa kamu coba olahraga yang lainnya seperti yoga, atau workout. Tingkatannya bisa disesuaikan dari pemula, menengah atau expeert biar badan kamu tetap fit.

5. Menata Ulang Dekorasi Rumah

Agar ada suasana baru, kamu bisa menata ulang dekorasi rumah. Jika sudha pernah kamu lakukan, kamu bisa mencari-cari referensi lain lagi mana perabot yang perlu untuk mempercantik rumah.

Kamu juga bisa membuang barang-barang yang sebenarnya “menyemak” nggak dibutuhkan tapi nangkring di lemari. Mungkin bisa dibuuang, dirtawarkan ke tetangga atau di loakkan.

6. Membuat Peta Hidup

Peta hidup adalah sejenis rencana hidup ke depan dengan langkah-langkah yang dibuat untuk mencapai tujuan tersebut. Jika kamu sudah membuatnya, kamu perlu mengevaluasi kembali, kemudian memasukkan rencana hidup baru yang lebih baik dan s=muyang terlihat akan tercapai.

Intinya evaluasi kembali peta hidup agar dimasa depan kehidupan kamu di jalan yang sudah kamu rencanakan.

7. Mencoba Resep Masakan Baru

Ini salah satu kegiatan mengasyikan. Media sosial seperti youtube sangat memudahkan kita untuk mencoba segala sesuatu. Tentunya kebahagaiaan dan kepuasan akan kita rasakans etelah berhasil mendapatkan satu menu baruuntuk keluarga.

Hidup adalah pilihan. Kamu yang menentukan kebahagiaanmu. Coba ikuti 7 hal kegiatan di atas. Semoga hidupmu semakin berwarna. (end)

#Day10
#BPNRamadan2020
#BPN30DayRamadanChallenge
#DiamDiRumah


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.