5 Novel KataKokoh Eko Ivano Winata
Film and Book Review

5 novel Kata Kokoh (Eko Ivano Winata) yang Nggak Rugi untuk Dibaca

5 novel Kata Kokoh (Eko Ivano Winata) yang Nggak Rugi untuk Dibaca. Pertama kali saya tertarik dengan karya-karya Kata Kokoh yang nama aslinya adalah Eko Ivano Winata ini setelah membaca novel Athlas. Apa ada yang istimewa? Saya rasa iya, tapi mungkin karena saya suka dengan tema domestic drama, dan lagi novel ini menyuguhkan sesuatu yang jauh di atas ekpetasi saya. Jadinya saya mencari lagi karya-karya mas Ivano. Dan ternyata tulisan-tulisannya memang udah punya karakter sendiri. Nggak bosan bacanya, dan pengin terus mengetahui tulisan-tulisannya. Satu ciri khas utama yang mas Ivano tawarkan adalah karakter-karakter yang dibangunnya begitu kuat.

Novel-novenya diangkat dari cerita yang dia tulis di akun wattpad @katakokoh. Yuk kita intip ke lima novelnya:

#1 Athlas

Novel ini menceritakan sosok Athlas, salah satu dari kembar 3 anak dari pernikahan Nakula dan Aluna. Wah, awalnya baca cerita ini karakter Athlas ini tergolong badboy lho, tapi ternyata eh ternyata. Dulu saya kira novel remaja ini hanya akan berurusan dengan cinta monyet, persaingan dan segala macamnya. Tetapi novel Athlas ini menyuguhkan sesuatu yang berbeda, bagaimana hubungan antara orangtua dan anak yang seharusnya saling memahami. Bagaimana seharusnya orangtua itu juga menunjukkan kasih sayangnya kepada anak-anaknya agar mereka tahu bahwa orangtuanya menyayanginya.

Novel Athlas
Novel Athlas Karya KataKokoh -Eko Ivano Winata-

Intinya novel ini banyak membawa pelajaran, dengan satu inti cerita bahwa anak itu selalu memiliki sisi istimewa. Jangan pernah remehkan mereka.

#2 Senior

Senior sendiri menceritakan bagaimana kehidupan Nakula (ayah Athlas) saat masih di SMU. Nakula seorang yang cerdas tetapi suka menyendiri dan tidak banyak kata. Wajah campuran Indonesia-Jerman membuat dia digandrungi banyak wanita. Hanya saja sifatnya yang demikian karena dia memiliki trauma dalam keluarganya.

Novel Senior Karya KataKokoh Eko Ivano Winata
Novel Senior Karya KataKokoh

Novel Senior lebih banyak membahas kehidupan Nakula di SMA ketika menjabat ketua OSIS dan ketua Ospek Murid Baru, dan juga interaksinya dengan Aluna.

Disini yang membuat memukau adalah lagi-lagi penulis mampu membuat karakter yang sangat kuat sehingga menjadikan novel ini tidak biasa. Kabarnya Senior akan segera difilmkan loh.

#3 Inestable

Inestable sendiri menceritakan sosok Nakula dari sudut pandang Aluna. Intinya yang menjadi tokoh utama di sini adalah Aluna. Kisah lebih banyak berlatar di SMA dengan cerita hubungannya dengan Nakula.

Novel Inestable Karya KataKokoh
Novel Inestable Karya KataKokoh

#4 Gustira

Kali ini tokohnya bukan Nakula, Athlas ataupun Aluna. Ini kisah tentang Gusti dan Ira. Pertemuan mereka yang diawali dari keisengan akhirnya berlanjut ke hubungan yang serius. Mungkin novel ini bisa dikatakan mewakili sebuah nasihat bijak yang mengatakan bahwa kita akan merasa kehilangan ketika orang itu telah meninggalkan kita.

Novel Gustira karya KataKokoh
Novel Gustira Karya Katakokoh

Karakter Gusti yang gokil, usil, tapi penyayang membuat Ira selalu merasa dibutuhkan meskipun pada awalnya sebel dengan keusilan Gusti.  Gusti ini juga digambarkan sosok yang humble banget. Meksipun dia termasuk keluarga kaya raya tetapi penampilan dan tingkah lakunya tidak menunjukkan kemewahan itu. Bahkan lebih sering dia harus ngutang sama pemilik kantin saat makan di sana.

Sampai akhirnya Gusti harus pindah ke Singapura, ikut ayahnya yang memiliki perusahaan di Singapura dan selama ini tinggal di Sana. Ayah Gusti ini ternyata keturunan Korea. Sudah pasti bisa dibayangkan seperti apa sosok Gusti yang berdarah Korea-Indonesia.

Satu bab sebelum bab terakhir saya rasa akhir dari novel ini adalah happy ending….tapi ternyata….

#5 Nakula

Novel Nakula masih dalam masa cetak. Saya sendiri belum membacanya jadi saya belum bisa memberikan gambaran seperti apa ceritanya.

Novel Nakula Karya KataKokoh
Novel Nakula Karya KataKokoh

Nah, dari 4 novel yang sudah saya baca itu saya  nggak pelit untuk memberikan poin 4.5/5. Hanya untuk Gustira, saya akan lebih senang jika ending dai novelnya dibuat seperti dalam cerita Inestable atau Senior. Apa teman-teman ingin membacanya? Untuk Novel Athlas bisa pinjam di Ipusnas kok. Selamat membaca.

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: