Permainan yang Bikin Kamu Kaya, Begini Cara Main Monopoli yang Benar. Siapa pun pasti mengenal permainan satu ini. Permainan yang bikin kamu kaya, yaitu memiliki banyak uang, memiliki banyak properti yang bisa disewakan dengan harga  berlipat-lipat. Maka siapa yang tak senang jika bisa memenangi permainan satu ini?

Permainan ini selain membuat kaya, dalam permainanya memerlukan kejelian dalam menentukan pembelian properti dan lain sebagainya. Kamu pasti tahu permainan satu ini, yakni Permainan Monopoli.

Siapa pun yang mendengar kata monopoli akan ingat dengan permainan yang terkadang bikin deg-degan ini. Kenapa deg-degan? Karena ketika lawan main sudah banyak memiliki properti dan kamu harus berhenti di salah satu properti lawan, kamu harus membayar sewa.  Pasti setiap pemain tak mau mengalami kerugian, bukan?

Permainan satu ini juga menambah keakraban, sebab dimainkan paling tidak oleh 4 orang. Asal tidak sampai bertengkar hanya karena iri sebab lawan bermain memiliki properti yang lebih banyak. Atau justru bertengkar karena memiliki pemahaman yang berbeda terhadap peraturan permainan. Untuk itu setiap pemain harus memiliki pemahaman yang sama tentang kelengkapan alat dan cara main monopoli.

Mengenal Perlengkapan Permainan Monopoli

Sebelum mengetahui cara main monopoli yang benar, kamu harus tahu terlebih dahulu dengan kelengkapan set permainan monopoli. Nah biasanya dalam satu set pembelian, kamu akan mendapatkan barang-barang berikut dalam 1 kemasan:

Cara Main Monopoli
Bermain Monopoli
  • Papan Permainan, untuk papan ini bisa dalam bentuk kertas atau papan yang tebal, tergantung harga beli. Papan permainan tersebut berbentuk bujur sangkar yang berisi gambar bendera berbagai Negara atau nama-nama komplek atau pn properti tertentu.
  • Rumah-rumah kecil dari bahan plastik, biasanya berwarna merah dan hijau. Nanti jika membeli sebuah Negara, komplek atau pun properti yang lainnya akan mendapatkan rumah kecil ini sebagai penanda properti yang kamu beli.
  • Uang Kertas, uag kertas yang terdiri dai berbagai nilai dari yang nilainya paling kecil hingga paling besar.
  • Kartu ketentuan, Kartu-kartu yang berisi nilai sebuah Negara, komplek ataupun properti. Atau juga bisa berisi jenis hukuman, jenis hadiah dan lain sebagainya.
  • Dadu,  permainan ini akan mendapatkan dadu yang akan dilemparkan setiap giliranmu untuk menentukan langkah dadumu.
Cara Main Monopoli
Properti Monopoli

Mempersiapkan Permainan Monopoli

Pada dasarnya di manapun kalian memainkan monopoli ini peraturan dan cara bermainnya sama. Jikalau pun memiliki perbedaan, hanya sedikit saja. Tetapi alangkah baiknya sebelum bermain, kamu perlu melakukan beberapa persiapan berikut

  • Modal permainan, setiap pemain akan mendapatkan modal $200.000 (bisa jadi setiap daerah beda menentukan jumlah modal). Dan total $200.000 terdiri dari nilai uang terkecil hingga terbesar. Modal ini digunakan untuk membeli dana properti, pajak, maupun denda yang nanti akan dilewatinya. Tergantung dadunya menunjukkan angka berapa dan pion jatuh ke komplek atau property yang mana.
  • Mengacak kartu kesempatan dan kartu dana umum, sebelum bermain kartu-kartu ini diacak terlebih dahulu dan diletakkan di tempat yang telah disediakan.
  • Menyerahkan uang, kartu tanah bangunan kepada bendahara atau Bank. Bank ataupun bendahara ini tergantung setiap kelompok pemain menamainya. Biasanya memang ada 1 orang yang khusus ditunjuk untuk menjadi bank atau bendahara yang bertanggung jawab jika ada transaksi keuangan yang terjadi.

Setelah semuanya siap, kamu sudah bisa memulai permainan ini, dan perhatikan begini cara main monopoli yang benar.

Cara Main Monopoli yang Benar

Berikut cara main momopoli yang benar agar kamu bisa memiliki banyak property dan memenangkan permainan monopoli.

1. Menentukan Pemain yang Start untuk Pertamakalinya

Kamu bisa menentukan siapa yang akan start  paling dulu dengan melempar dadu. Masing-masing pemain melempar dua dadu tersebut. Dan siapa yang nilai jumlahnya paling banyak, dialah yang berhak melangkah terlebih dahulu.

2. Menyelesaikan Satu Putaran Permainan

Masing-masing pemain wajib menyelesaikan 1 putaran terlebih dahulu baru bisa membeli properti yang ada. Dan setiap menyelesaikan satu putaran (start to start), pemain berhak mendapatkan dana $500.

Bagaimana Cara Main Monopoli
Properti pada Permainan Monopoli

3. Cara Main Monopoli dengan Membeli Properti

Setelah menyelesaikan putaran pertama, kamu sudah bisa membeli properti yang kamu lewati seperti negara yang berada di suatu komplek, seperti Hotel, Perusahaan Listrik, Perusahaan Air minum dan lain sebagainya.

Jika masih ada kesempatan belilah properti dalam satu komplek. Karena harga sewanya lebih mahal dua kali lipat atau lebih dibandingkan dengan sewa biasa jika kamu memiliki properti satu komplek. Dengan begini, setiap lawan main yang berhenti di komplek yang telah kamu beli, pemain tersebut harus membayar dua kali lipatdari harga sewa yang tertulis di kartu properti. Jumlah uang yang kamu miliki akan terus bertambah.

4. Menyelesaikan Tugas dan Kewajiban

Terkadang dalam permainan kamu akan berhenti pada properti lawan main, kotak hukuman, penjara, parkir gratis, dana umum atau pajak. Selesaikan perintah yang tertulis di papan monopoli dan juga yang tertulis di kartu dana umum. Oh ya, mungkin kamu akan mendapatkan kejutan jika mendapatkan kesempatan mengambil kartu dana umum atau kartu kesempatan. Terkadang kamu akan mendapatkan hadiah berupa uang , bukan hukuman atau denda.

5. Cara Main Monopoli dengan Berhutang

Jika kamu tidak memiliki dana yang cukup, tetapi wajib membayar sewa ataupun kewajiban lainnya sesuai perjalanan permainan, maka kamu bisa berhutang ke Bank. Kamu bisa mengembalikannya, jika telah memiliki dana atau uang. Tetapi jika sampai di akhir permainan kamu masih memiliki banyak hutang, bisa jadi kamu bukanlah pemenangnya.

6. Pemenang

Yang dinyatakan pemenang adalah pemain yang memiliki jumlah properti dan jumlah uang terbanyak pada akhir permainan. Maka di awal permainan strateginya adalah membeli properti satu persatu dalam satu komplek. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pemasukan dari uang sewa yang harus dibayar lawan pemain.

Cara main monopoli sangat mudah bukan? Jika masih memiliki keraguan, kamu bisa baca dengan seksama pada bagian belakang papan permainan. Yuk, mainkan dengan benar dan jadilah pemenangnya!