Upload Produk Gratis di Blibli.com
Lifestyle

Cara Mudah Upload Produk di Blibli.com

Cara Upload Produk di Blibli.com.“Cinta itu datangnya dari mata lalu turun ke hati”. Mungkin istilah itu tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Biasanya ungkapan ini merujuk ke awal mula orang jatuh cinta. Orang sering menyebutnya sebagai falling in love on the first sight.

Tak salah jika kita melakukan perawatan tubuh atau make over habis-habisan untuk menghasilkan sesuatu yang mengagumkan. Kita tidak peduli lagi dengan biaya dan tenaga yang dikeluarkan. Bagi Kita yang penting adalah mendapatkan hasil maksimal, penampilan mempesona dan wajah yang menawan.

Happy Selling di Blibli.com
Dari Mata Turun ke Hati

Tidak salah sebenarnya, karena tujuan kita melakukan perawatan tubuh dan juga make over habis-habisan untuk mendapatkan kesan menyenangkan saat pertama kali dipandang. Apalagi saat bertemu orang-orang penting atau klien apalagi calon mertua. Kesan pertama yang bagus harus dibangun agar oranglain senang dan nyaman melihat penampilan kita. Bahkan mungkin bisa jadi ke depannya ada yang jatuh cinta hingga akhirnya sampai ke pelaminan,

Begitu juga dalam dunia jual beli. Banyak hal dilakukan para pedagang untuk menarik perhatian calon pembelinya. Dari tampilan toko yang menarik agar pengunjung nyaman, foto produk di brosur yang memikat, hingga menyewa artis untuk endorse barang yang mereka jual. Tujuan mereka hanya satu, produk yang dijual mampu memikat konsumen dan akhirnya berjodoh. Itu berarti calon konsumen akhirnya memutuskan untuk membeli barang di toko mereka.

Tidak jauh berbeda bagi seller yang berjualan secara online.  Mereka juga harus melakukan banyak hal agar calon pembeli sering mengunjungi toko onlinenya. Seperti membangun tampilan toko yang menarik dan mudah di akses,  keterangan dan barang yang dijual lengkap, variasi harga, dan yang paling penting adalah foto produk yang menarik.

Mengapa foto produk yang menarik sangat penting sebelum seller mengunggahnya di toko online? Karena dengan foto produk yang memikat, barang-barang yang dijual online itu dilihat calon pembeli yang kemudian justru betah berselancar di toko sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

 Tapi,  tidak mudah pastinya untuk mendapatkan foto dengan hasil yang menarik. Benarkah begitu?

Cara Upload Produk di Blibli.com

Beberapa waktu yang lalu saya melihat salah satu tayangan di youtube  dari pasangan enterpreneur muda. Mereka menyatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam dunia jualan online adalah foto produk yang menarik. Selain itu foto produk yang diupload di toko online, harus merupakan milik pribadi bukan mencomot foto dari toko lain.

Baca Juga : Jualan Online Bersama Blibliseller : Untung Gak Tanggung-Tanggung

 Bagi sebagian seller menghasilkan foto produk yang menarik mungkin tidak masalah. Tetapi bagaimana dengan seller pemula yang tidak memiliki  sesuatu yang menunjang untuk menghasilkan foto produk yang menarik?

Saya sendiri hingga kini mengalami kendala tersebut. Hampir setahun yang lalu saya juga merintis jualan online dalam bidang kosmetik dan kesehatan. Meski hingga kini toko online itu masih terlantar karena saya tidak begitu puas menggunakan foto produk dari distributor, meskipun itu diijinkan.

Gratis Foto Produk di Blibli.com
3 Kendala Menghasilkan Foto yang Menarik

Ada beberapa kendala yang saya rasakan untuk menghasilkan foto yang menarik. Kesulitan yang mungkin juga dirasakan beberapa seller lainnya, yaitu:

#1Tidak Memiliki Pemahaman Dalam Bidang Fotografi

Sekalipun saat ini smartphone telah dibekali dengan kamera berresolusi tinggi, tetapi jika pemilik smartphone itu tidak memiliki pemahaman yang baik dalam bidang fotografi seperti saya, maka hasil jepretannya akan terasa biasa-biasa saja. Lebih tepatnya hasil akhir fotonya kurang memikat atau tidak sesuai ekpetasi.

#2 Kualitas Kamera yang Tidak Mendukung

Saat ini, kamera yang tersemat di smartphone saya masih menghasilkan kualitas foto yang rendah. Bahkan untuk kondisi normal, gambar yang dihasilkan terlihat pucat.

Pakai saja kamera mirrorless! Mungkin Anda bilang begitu. Memang, kamera jenis ini mampu menghasilkan gambar yang menarik dan fokus, sayangnya saya belum (bisa) memilikinya.

#3 Belum Menguasai Ilmu Foto Editing

Banyak orang menganjurkan untuk memiliki aplikasi photoshop. Aplikasi ini akan membantu membuat hasil akhir foto terlihat memikat. Sayangnya aplikasi ini tidak gratis ditambah memori laptop saya yang masih masih corei2 membuatnya sering hang saat digunakan.

Berdasarkan pengalaman pribadi, untuk mengedit foto sesuai dengan yang diinginkan memerlukan waktu lama dan tidak mudah.

Fasilitas Upload Produk dan foto Gratis di Blibli.com

3 Kendala yang saya rasakan di atas seharusnya tidak perlu dirisaukan jika saya atau Anda sudah bergabung menjadi seller Blibli.com. Karena kesempatan mendapatkan fasilitas gratis foto produk & upload produk di Blibli.com terbuka lebar.

Nah, sekarang jika  mau upload produk di Blibli.com, apa saja yang harus dipersiapkan?

#1 Mempersiapkan Foto Produk Sesuai dengan Ketentuan  Blibli.com

Ketentuannya yaitu latar belakang foto harus berwarna putih. Tidak ada tanda air (watermark)  di setiap foto. Nah, untuk hal ini seller nggak perlu bingung karena Blibli.com telah menyediakan sesi foto shoot  produk secara gratis. Seller juga berkesempatan untuk menambahkan 4 varian dari produk utama.

Mempersiapkan Foto produk di Blibli.com
Langkah 1 : Mempersiapkan Foto Produk

#2 Mempersiapkan Identitas Produk

Seller harus mempersiapkan identitas produk yaitu mempersiapkan detail deskripsi dan spesifikasi dari produk yang dijual online. Informasi tentang deskripsi dan spesifikasi yang detail akan membantu pelanggan menentukan pilihannya dengan mudah.

Cara Upload Foto Produk di Blibli.com
Langkah 2 : Mempersiapkan Identitas Produk

#3 Mentaati Peraturan dari Blibli.com

Salah satu hal yang harus dipatuhi seller ketika bergabung dengan Blibli.com adalah tidak menjual 3 jenis produk yaitu barang bekas, barang cacat dan senjata tajam.

3 Bend Dilarang dijual di Blibli.com
Langkah 3 : Tidak menjual 3 Jenis Barang Larangan

#4 2 Metode Upload Produk di Blili.com

Setelah mengikuti 3 langkah di atas, seller bisa menambahkan produk untuk bisa tayang di Blibli.com dengan 2 cara yaitu menayangkannya secara satuan atau massal.

Cara Menayangkan Foto produk di Blibli.com
Langkah 4 : Menayangkan produk secara Satuan atau Massal
3 langkah mudah upload produk di Blibli.com

Setelah mempersiapkan foto produk dan juga  deskripsi serta spesifikasi yang detil dan benar, seller langsung segera bisa upload produk di Blibli.com dengan mengikuti  3 langkah berikut :

#1 Masuk ke Merchant Tools Application (MTA) dengan alamat http://merchant.blibli.com

#2 Masuk pada menu produk lalu klik tambah satu produk atau tambah bluk produk. Bulk produk bisa diartikan massal dalam artian seller mengupload  produknya banyak secara bersamaan.

#3 Isi semua kolom sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk menambahkan produk ke MTA dan akhiri dengan tombol kirim.

Happy Selling di Blibli.com
3 Langkah Mudah Menayangkan Produk di Blibli.com

Nah, dengan 3 langkah di atas, produk siap tayang di web Blibli.com

Cara Mudah Upload Produk di Blibli.com

Selain seller bisa upload foto produk dan  juga spesifikasi beserta deskripsinya secara manual dan juga massal, Blibli.com juga menyediakan cara upload produk dengan menggunakan master data.

Master data adalah  salah satu langkah yang lebih mudah dan lebih cepat untuk mengupload produk yang dijual online di Blibli.com. Master data digunakan jika seller ingin berjualan produk yang sebelumnya sudah pernah ditayangkan di Blibli.com oleh penjual yang lain. Jika seller  menemukan produk yang benar-benar sama di list Master Data, seller  bisa menggunakan informasi yang sudah ada secara langsung.

Happy Selling di Blibli.com
Upload Produk Menggunakan Master Data

Satu hal yang hanya perlu dilakukan oleh seller adalah memperbarui jumlah stok barang dan harga. Dengan langkah mudah tersebut, barang jualan bisa langsung muncul atau tayang di website Blibli.com hanya dalam hitungan menit. Ini sungguh menakjubkan.

Lalu apakah bisa upload produk di Blibli.com lebih dari satu jenis dalam waktu bersamaan? Tentu saja bisa. Yang seller perlu lakukan adalah mengklik tombol “ Add Bulk Produk”.

Dengan mengambil cara ini, seller  harus menyisipkan detail informasi produk dalam bentuk file excel. File excel ini tentunya sesuai ketentuan Blibli.com yang bisa diunduh di Bulk Upload Menu.

Dan perlu dicatat di sini, bahwa semua produk yang diupload akan masuk ke dalam list “Product in Process” karena pihak Blibli.com perlu mengecek kualitas produk dalam waktu 3 hari sebelum benar-benar tayang di website Blibli.com

Semoga dengan penjelasan di atas, calon seller memiliki gambaran betapa mudahnya menayangkan produk di Blibli.com dan akhirnya bergabung menjadi seller. Oya, jika masih belum paham, seller bisa mengunjungi Learning Centre menu di Merchant Tool Application.

Cara Upload Produk di Blibli.com

Membaca penjelasan tentang fasilitas foto gratis dan upload produk di akun Youtube Blibli.com, saya merasa tertarik untuk bergabung menjadi Blibliseller. Sebenarnya berjualan secara online adalah cita-cita saya sejak dulu dan diamini oleh suami.

Dan satu tahun yang lalu saya dan suami memutuskan membeli domain dan hosting di salah satu penyedia hosting terpercaya. Webnya kami beri nama “Toko Sehari”. Namun, hingga kini domain yang kami beli dan beri nama “Toko Sehari” ini masih belum berjalan. Salah satu alasannya adalah kendala di dalam foto produk. Meski foto produk bisa di dapat dari distributor barang, entah rasanya kami belum mantap menggunakannya.

Beberapa kali saya dan suami mencoba membuat foto sendiri, tetapi hasilnya tidak begitu memuaskan. Kemudian suami menginstalkan aplikasi photoshop di laptop saya. Namun, laptop saya tidak kuat mengoperasikannya. Aplikasi tidak bisa berjalan dan tentu saja laptop saya sering error.

Patah semangat? Iya, saya berhenti  hingga saat ini. Saya benar-benar merasa kalah sebelum waktunya. Terlebih ketika browsing, foto-foto yang ditampilkan di toko lain selalu terlihat menggoda.

Happy Selling di Blibli.com
MTA atas nama Toko Sehari

Setelah mempelajari tentang keunggulan menjadi Blibliseller dan juga mengetahui jika Blibli.com memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk berjualan di sana. Saya rasa seperti mendapatkan suntikan dan semangat baru untuk memulai lagi usaha ini secara perlahan. Memakai username email atas nama suami, saya mendaftarkan menjadi seller  di sana. Berharap ini satu langkah yang benar untuk mendapatkan income tanpa perlu meninggalkan rumah.

Yuk Segera cari tahu lebih banyak cara jualan di Blibli.com agar tidak melewatkan kesempatan yang ada. Happy selling di  Blibli.com. (end)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blogcompetition yang diadakan Blibli.com. Infografis milik wiwidstory.com dan diolah menggunakan aplikasi Canva.

Blibli Blog Competition Agustus 2019

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

35 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: