Sejatinya saya baru benar-benar menekuni dunia blogging awal tahun 2018, meskipun tahun 2016 saya sudah memiliki blog. Waktu itu, 2016, blogspot saya dibangun oleh seorang teman dengan membayar biaya sekian ratus ribu rupiah. Saya tidka tahu caranya mengutak-atik blog, hanya bisa mengganti theme blog saja. Blog tersebutpun hanya berisi tulisan-tulisan saya hasil belajar di komunitas one day one post. Komunitas pertama yang mengenalkan saya pada dunia blogging.

Lalu jika ditanya apakah saya ingin menjadi fulltime blogger atau part time blogger? Tentu saja saya ingin menjadi full time blogger. Apalagi menjadi blogger bisa dikerjakan di rumah, tidak harus banyak membuang waktu keluar rumah. Dan untuk menjadi full time blogger, mungkin saya masih memerlukan jalan yang panjang dna berliku menuju ke sana, meskipun untuk saat ini saya sedang menuju kesana. Belajar menulis artikel yang bagus, mengutak-atik blog dan belajar tentang SEO dengan bimbingan Om Google. Semuanya mengasyikan dan tentu saja menghabiskan banyak waktu.

Membaca beberapa artikel yang membahas tentang Full time Blogger, berikut 4 hal yang harus di ketahui jika kita menjadi Full Time Blogger:

Sumber tulisan https://obstacle.co/full-time-blogger/  (yang sudah diterjemahkan)

Patience (Kesabaran)

Sumber : www. pexels.com

Perlu kesabaran. Ya, membangun sebuah blog perlu kesabaran. Beberap niche blog memerlukan waktu yang lebih panjang karena mereka memiliki sedikit pembaca. Kita tidak bisa berharap memulai blog dan kemudian menghasilkan uang di bulan pertama kita berhenti bekerja (kantoran). Mungkin ada beberapa cerita di luar sana, tetapi itu hanya pengecualian dan bukan aturan sesungguhnya.

Ada beberapa bloger yang menyerah lebih cepat karena frustasi. Itu salah satu masalah membaca situs seperti ini. Sulit untuk menyampaikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar menghasilkan cukup uang untuk membuat blog menjadi sesuatu yang penuh waktu.

Ini adalah bisnis

Jika ingin sukses membangun blog maka perlakukan dia seperti bisnis. Artinya:

  • Posting tulisan atau artikel sesering mungkin dan terus menerus.
  • Buat jadwal
  • Selalu bangun hubungan baru
  • Investasikan waktu dan uangmu untuk mengembangkan bisnismu.

Jika  ingin ngeblog sebagai hobi maka lebih banyak kekuatan untukmu, tetapi blog yang sukses harus mengerti bahwa ada perbedaan antara blogging untuk senang-senang dan blogging untuk uang.

Efisien

Tahukah Kamu bahwa hanya ada 24 jam dalam sehari? Itu berarti Kamu tidak dapat duduk membuang waktu untuk hal-hal yang tidak akan secara langsung mengembangkan blog atau pemirsa Kamu.

Sungguh menakjubkan betapa banyak blogger terjebak dalam timewarp di mana selama 3 minggu mereka menghabiskan tweaker tema blog hanya untuk menyadari bahwa mereka tidak menghabiskan waktu untuk melakukan hal lain.

Blogger terbaik tahu bagaimana menggunakan waktu mereka untuk kapasitas maksimalnya untuk mendapatkan hasil maksimal dari itu. Haruskah Kamu merencanakan 3 bulan berikutnya dari posting blog atau haruskah Kamu menyegarkan analytics Kamu?

Kamu Bisa Membakar Diri Kamu

Ketika Kamu datang dengan ide untuk blog selalu ada ledakan awal kegembiraan. Kamu ingin segera mulai jadi untuk bulan pertama Kamu menulis 20 posting. Bulan berikutnya Kamu hanya menulis 10. Bulan berikutnya?

Kamu tidak menulis apa pun karena Kamu sudah kehabisan tenaga.

Ada banyak tugas berbeda yang akan Kamu lakukan untuk mengembangkan blog Kamu:

  • Tanggapi email
  • Tanggapi komentar
  • Kirim email
  • Tulis posting blog
  • Promosikan di media sosial

Semua hal ini membutuhkan waktu dan energi. Jika Kamu mencoba menjalankannya dengan terlalu cepat, Kamu akan membakar diri sendiri sampai pada titik di mana Kamu tidak ingin bekerja pada aspek apa pun di blog Kamu.

sumber : www.pexels.com

Kamu Mungkin Gagal

Itu tidak terlalu menggembirakan.

Kamu mungkin tidak memikirkan kemungkinan ini, tetapi itu terjadi. Mengubah blog menjadi pekerjaan penuh waktu bukan untuk semua orang. Tentu siapa pun dapat melakukannya tetapi itu tidak berarti semua orang dapat melakukannya.

Nah itu 4 poin dari 9 poin yang harus kita ketahui jika menjadi full time blogger. Nah yang sudha jadi fulltime blogger, share ya di kolom komen. (end)


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

Dyah · 12 December 2018 at 09:33

Iya… kalau mau jadi full-time blogger harus sadar bahwa itu adalah pekerjaan. Sama seperti pengusaha, harus bisa memotivasi diri dan juga harus mau usaha.

    Wiwid Nurwidayati · 30 January 2019 at 17:43

    iya mbak…jadi pengusaha di dunia literasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: