Menjaga Kesehatan; Lakukan 3 Hal Ini

Menjaga Kesehatan; Lakukan 3 Hal Ini

Menjaga Kesehatan; Salah Satu Syukur Nikmat yang Tidak Boleh Diremehkan. Pernahkah lidahmu terasa pahit dan makanan selezat apapun yang disodorkan dihadapanmu tidak tersentuh meksi hati terasa ingin mencicip? Itulah yang sering kita rasa di saat sakit, lidah pahit, badan terasa meriang, dan akhirnya aktifitas harus dihentikan untuk mengistirahatkan tubuh dari segala kesibukan.

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara: waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, hidupmu sebelum datang kematianmu.” (hadist shahih HR Bukhari Muslim)

Jelas sudah bahwa sehat adalah salah satu perkara yang penting dalam hidup.  Karena sekaya apapun kita jika sakit maka tidak bisa menikmati kekayaan yang dimiliki. Atau selezat apapun beraneka ragam makanan yang disajikan dihadapan kita maka tidak akan tertelan karena pahitnya lidah atau sakitnya badan.

Menjaga kesehatan adalah hal penting dan itu salah satu cara mensyukuri nikmat sehat yang telah diberikan Allah SWT.  Seringkali kita menyangka bahwa nikmat yang diberikan oleh Allah itu hanyalah berupa harta kekayaan yang berlimpah dan kita lalai mensyukuri nikmat-nikmat yang lainnya. Namun, sesungguhnya banyak sekali nikmat yang Allah berikan kepada mahluk-Nya, salah satunya adalah nikmat kesehatan.

Menjaga Kesehatan
Opname di Rumah Sakit

Seperti yang saya alami beberapa hari yang lalu, ketika tubuh tak lagi kuat berdiri tegak dan akhirnya harus dirawat beberapa hari di rumah sakit. Badan demam, kepala pusing, perut sakit, batuk yang berkepanjangan, lidah terasa begitu pahit, padahal perut sangat ingin diisi, itu yang saya rasakan. Akhirnya badan lemah tak kuasa melawan hanya bisa berbaring dengan jarum infus menusuk kulit.

Tidak ada yang istimewa saat sakit selain banyak hal yang bisa saya renungi saat menatap langit-langit kamar rawat inap. Allah masih memberikan saya kesempatan untuk merenungi diri bahwa ada pola hidup yang tidak tepat yang saya jalani selama ini. Terkadang begadang jika deadline menunggu, kurang istirahat, makan yang tidak teratur (meski ini karena lidah terasa sangat pahit), kurangnya olahraga, dan kurang mendekatkan diri kepada-Nya.

Saya jadi semakin menyadari bahwa bisa menikmati ibadah dengan tenang dan nyaman adalah suatu nikmat. Bahwa lidah mampu mencicipi berbagai lezatnya makanan adalah sebuah kenikmatan. Bahwa menikmati segala jenis makanan tanpa pantangan adalah sebuah nikmat. Bahwa bisa menyelesaikan berbagai tugas tulisan dengan badan yang sehat  adalah nikmat yang tiada terkira. Bahwa melihat sakit yang saya derita belum ada apa-apanya dengan pasien lain adalah juga suatu kenikmatan. Bahwa bisa membaca buku tanpa kepala berdenyut adalah sebuah kenikmatan. Begitu banyak kenikmatan yang terlihat sederhana tetapi ternyata itu adalah kenikmatan yang luar biasa.

Baca Juga : Sarapan-membersihkan-usus-salah-satu-tips-diet-ala-yulia-baltschum

Maka satu-satunya jalan agar kita tetap merasai nikmat tersebut adalah menjaga kesehatan. Dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan aktifitas seperti biasanya dengan perasaan nyaman, bisa menikmati berbagai makanan lezat yang terhidang di depan mata, dan yang terpenting bisa beribadah kepada-Nya dengan khusyu’ nikmat.

Menjaga Kesehatan
Olahraga
Sumber Gambar : www.pexels.com

Beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan:

#1 Jangan Begadang atau Tidurlah yang Cukup

Tidur yang cukup sangat dianjurkan demi kesehatan, karena tubuh memiliki kebutuhan biologis untuk istirahat setelah badan lelah melakukan aktifitas seharian. Jumlah jam minimal tidur yang cukup adalah antara 7-8 jam perhari. Yang terpenting harus diketahui dari pentingnya tidur ini adalah bahwa saat tidur tubuh kita mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan memproduksi sel-sel baru dalam tubuh mereka.

#2 Makanlah Makanan yang Baik dan Halal

Makanan baik dan halal belum tentu mahal. Makanan yang baik adalah makanan yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, seperti sayur-sayuran, buah dan juga lauk. Semuanya porsinya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Dan makanan halal adalah makanan yang diperbolehkan dimakan seusai dengan ajaran agama Islam. Halal dan baik, insyaAllah akan menjadi energi positif untuk aktifitas harianmu.

#3 Olahraga yang Teratur

Hal satu ini sangat sering dilewatkan, padahal kita bisa melakukannya secara sederhana. Bangun pagi lalu menyempatkan untuk jogging sekitar 15 menit atau bersepeda atau menirukan senam kesehatan di yutube.

Itulah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan, agar nikmat indera tubuh ini tidak lagi dicabut dari badan kita.

Memang dengan badan sakit kita bisa merasakan betapa berharganya nikmat kesehatan ini, namun alangkah lebih baiknya kita selalu sehat sehingga bisa memanfaatkan waktu sehat ini untuk bersyukur kepada-Nya dengan terus beribadah dan mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat.

Sudahkah Anda menjaga kesehatan? Yuk, jaga pola hidup kita agar tetap sehat dan bebas beraktifitas.

56 Replies to “Menjaga Kesehatan; Lakukan 3 Hal Ini”

  1. tema tulisan hr ini sama mb, ttg sehat. Dan skrg pun trbaring sakit. Semoga kita bs slu bersyukur jika kelak dberi kesehatan kmbali y mb, aamiin

  2. Aku nggak pernah olah raga. Olah ragane lari-lari kalau pas libur sekolah. Kalau sudah mulai ngajar rasane kok sulit bagi waktu buat olah raga. Paling hanya lari-lari sebentar pas nganter el ke tempat yang ngasuh. Hehe

  3. Setuju banget mba. Lebih baik menjaga daripada mengobati. Mahal mengobati soalnya. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keberkahan ya mba aamiin

  4. Saya juga mulai menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu nya tidak begadang.
    Semoga segera pulih Mbak Wiwid…???

  5. olahraga ini PR banget. saya masih sering bolos nggak olahraga, padahal udah diceramahin dokter juga.

    ini sebetulnya badan mulai kaku-kaku juga sih. pingin gerak, tapi kok malesnya lebih gedhe.

  6. saya pernah opname karena tipus beberapa kali mb, sejak itu saya lebih berusaha hidup sehat, minimal olahraga teratur dan tidak begadangan lagi. tapi memang susahhhhhh banget yaa mengatur dan menjaga pola hidup yang teratur dan sehat itu, hiks

    sehat sehattt dan setronggg ya mbaaaaaa!

    1. Ini juga typus, mbak. Sebuah teguran untuk memulai pola hidup sehat.

      Sehat dan strong, biar bisa tetap beraktivitas

  7. Saya mulai merasaka perubahan pada tubuh sejak masuk kepala 4 ini. Beda banget kekuatannya.
    Nulis kelamaan pusing, cepat lelah. Apalagi memang saya jarang olahraga akhir-akhir ini.
    Sedang mengupayakan kurangi begadang & jaga badan agar tidak diforsir.
    Syafakillah mbak Wiwid, sehat selalu ya..

    1. Iya nih, sama mbak. Udah hampir kepala 4 malah drop.
      Amiin doanya, mbak hastin semoga juga tetap sehat

  8. Setuju dgn tulisannya mbak. Benar, sangat disayangkan banyak yang baru peduli dg kesehatannya setelah mengalami kejadian sakit. Padahal lebih baik mencegah daripada mengobati. Tks sharingnya mbak..semoga semakin banyak yang peduli untuk menjalani pola hidup sehat. Aamiin

    1. sama-sama, mbak. Pola Hidup sehat itu klo dipelajari sebenarnya sederhana ya, nggak ribet. cuman kok jarang diperhatikan.

  9. Syafakillah ya mbak…memang benar harusnya kita lebih baik mencegah daripadamengobati ya…salah satu wujud kesyukuran juga selalu jaga kesehatan.Lha kalau bukan kita sendiri yang menjaganya,lalu siapa lagi?

    1. Aamiin. terimakasih doanya, mbak. Iya, lebih baik mencegah. KLo udah sakit, nggak bisa ngapa-ngapain

    1. iya, cari yang halal mungkin gampang ya klo di Indonesia, nah yang baik ini ita sering mengabaikannya

  10. Terima kasih sudah mengingatkan ini, Mbak. Nikmati sehat memang tidak terbeli. Kalau sudah sakit, biasanya Kita jadi ingat bahwa Ada yg salah dengan pola makan Dan pola hidup Kita Dalam keseharian. PR saya masih yg begadang, nih. Hiks.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: