Menu Buka Puasa & Sahur Praktis ala WiwidStory
Lifestyle

Menu Buka Puasa dan Sahur Praktis ala Wiwidstory

Menu Buka Puasa & Sahur Praktis ala WiwidStory

Menu Sahur dan Menu Buka Puasa Sederhana ala Saya. Alhamdulillah, saya harus bersyukur kepada Sang Pencipta bahwa masih diberi kesempatan oleh-Nya untuk berjumpa dengan Ramadhan 1440H. Bulan yang selalu memberi warna kehidupan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. Hari-hari terasa hidup, semoga begitu juga hati kita tetap dihidupkan untuk terus menjadi manusia yang lebih baik setiap harinya.

Bulan Ramadhan tentunya tak lepas dari moment buka puasa dan sahur. Saya sendiri menyambut hari pertama bulan ramdhan, sudah sibuk hunting menu-menu praktis untuk sahur dan buka. Iya, ceritanya saya yang nggak begitu ahli memasak yang aneh-aneh (memang ada menu aneh-aneh?) berusaha mencari tahu menu-menu lezat yang praktis dan juga bahan yang mudah didapat dengan bantuan om google. Dapat? Hmmm…dibandingkan lamanya mencari, bisa dibilang gagal. Ternyata menu-menu yang dibilang praktis dilaman-laman google tersebut masih terbilang ribet bagi saya. Walhasil saya  akhirnya berfikir sendiri, dan mengingat bahan makanan apa saja yang biasanya dijual di warung dan at the end menentukan menu yang benar-benar praktis menurut saya.

Jadi akhirnya masak nggak, Bun? Masak dong. Untuk sahur,  sesederhana apapun menunya, saya selalu masak. Terasa lebih nikmat jika masakan untuk sahur masih terasa hangat dan segar. Lalu untuk buka puasa bagaimana, Bun? Untuk buka puasa di hari pertama ini saya masak sendiri. Dulu saat masih bekerja, untuk menu buka puasa saya selalu beli. Kebetulan di waktu bulan puasa begini banyak sekali orang-orang yang menjual lauk pauk, dari harga Rp 5.000,00 hingga Rp 10.000,00 perporsi. Biasanya ini bisa dimakan untuk 2-3 orang. Lumayan murahkan?

Nah, mau tahu menu apa yang saya masak untuk sahur dan buka puasa pertama ini? Berikut nih menu-menu sederhana dan praktis, hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit.

Menu Sahur Sederhana#1 Sotong Goreng Tepung

Bahan:
– Sotong ¼ kg
– Tepung serbaguna Sasa (harga Rp 2.500,00)
– Minyak goreng secukupnya

Cara memasak : Bersihkan sotong, lalu potong berbetuk cincin, dan masukkan ke tepung serbaguna Sasa (saya lebih suka ini karena pas dan hasilnya juga kriuk), masukkan ke minyak yang sudah mendidih. Tunggu warnanya keemasan, dan angkat. (Untuk 4 porsi)

Sotong Goreng
www.pixabay.com

#2 Urak-Arik Daun Kol

Bahan:
– Daun kol 10 lembar
– Telur 1 butir
– 3 siung bawang merah dan bawang putih cincang
– Merica bubuk
– Cabe merah 1 atau 2 biji potong kecil-kecil

Cara memasak: tumis bawang merah dan bawang putih, lalu sisihkan, masukkan telur, aduk-aduk, lalu masukkan kol, bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis, tambahkan sedikit merica bubuk, tambah garam, dan sedikit air. Aduk-aduk hingga rasanya pas. Angkat

Menu Buka Puasa Praktis

Menu buka puasa kali ini ada 2 jenis makanan, kue untuk pembuka dan lauk untuk teman makan nasi. Setelah sekian lama menahan haus dan lapar, sepertinya berbuka dengan segala yang menyegarkan akan lebih nikmat. Berikut 3 sajian menu untuk buka puasa di rumah saya:

#1  Es Nutrisari Rasa Jeruk Peras

Meskipun minuman es mungkin tidak  begitu sehat, tetapi kali ini saya menyajikan es nutrisari rasa jeruk peras untuk teman pembuka puasa. Dibandingkan minuman atau jajanan pembuka yang biasanya bersantan, kami lebih menyukai minuman ini, es nutrisari. Biasanya selin es nutrisari, pilihan kami jatuh pada es kelapa muda. Namun sayang, hari pertama puasa ini, penjual kelapa muda masih belum ditemukan disekitaran perumahan kami. Padahal hari-hari sebelumnya mereka masih berjualan. Mungkin hari pertama ini mereka ingin istirahat dulu, ya. Positif thinking, saja.

Minuman Berbuka
www.pixabay.com

#2 Kue-Kue Jajanan Pasar

Sore ini saya melajukan motor tua menuju tempat berjualan kue-kue yang banyak berderet di tepi jalan. Anak-anak memesan epok-epok (pastel) untuk berbuka. Sedang untuk paksu, saya pilihkan lapis, lemper, dan martabak mini. Bermodal Rp 10.000,00, saya bisa mendapat 4 macam kue yang masing-masing harganya Rp 1.000,00. Mengapa nggak bikin sendiri, Bun? Iya sih, tapi mengingat porsi makan saat bulan Ramdhan itu justru sedikit, maka menghemat biaya dan waktu saya putuskan membeli saja kue-kue jajanan pasar untuk berbuka ini.

Jajanan Pasar tradisional
Berbagai Jenis Jajanan Pasar. Foto : Koleksi Pribadi

#3 Sop Ayam untuk Berbuka

Untuk buka puasa perdana ini saya masak sop ayam. Sepertinya seger ya, apalagi cuaca Batam kali ini terasa sangat panas. Nah, ini nih resepnya:

Sup ayam Sederhana
www.pixabay.com

Bahan:
– 1 potong paha/dada ukuran sedang, potong-potong agak kecil
– Merica
– 4 siung bawang merah dan bawang putih
– Wortel
– Daun bawang
– Daun kol

Cara membuat sop ayam : Rebus ayam, masukkan daun bawang, wortel. Di lain tempat, tumis bahan bahan di atas (selain ayam) yang sudah dihaluskan, setelah harum masukkan ke dalam rebusan ayam. Cicip hingga sesuai selera, tunggu masak +- 20 menit. Angkat.Untuk melengkapi sop ayam, saya membeli sambal teri cabe hijau ala padang. Lezat bukan?

Nah  resep-resep di atas adalah resep sederhana ala saya. Semoga bermanfaat bagi bunda-bunda dan pembaca lainnya. Semoga kita selalu diberi kekuatan untuk berpuasa sebulan penuh dengan sempurna. Aamiin. (end)

#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN
#Day1

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: